Sebuah tim juga harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk ketika banyak rekannya mengalami cedera
Exeter (ANTARA News) - Lini belakang Liverpool benar-benar diterpa krisis, karena tim asuhan pelatih Juergen Klopp itu tidak memiliki bek tengah. Mampukah Exeter City memanfaatkan dan mendayagunakan kelemahan ini?

Jawabannya, silakan menanti hasil laga antara Exeter City yang menantang Liverpool dalam laga putaran ketiga Piala FA yang digelar di Stadion St James, Exeter, Devon, pada Jumat waktu setempat, atau Sabtu dini hari, pukul 02.55 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIn Sport 1.

Sebanyak 10 pemain reguler The Reds diterpa badai cedera. Sebagai lawan, Exeter bukan tim yang mewah dalam prestasi, karena baru saja menelan empat kekalahan beruntun, dan tim asuhan pelatih Paul Tisdale ini justru berada di jurang zona degradasi.

Gelandang Lucas Leiva menyatakan siap mengisi kekosongan lini bek tengah. Pemain berkebangsaan Brasil selama ini berperan sebagai gelandang bertahan. Dua pemain Liverpool masing-masing Philippe Coutinho dan Kolo Toure masih dibekap cedera hamstring.

Santer disebut bahwa Klopp bakal menurunkan para pemain muda. Langkah ini diambil bukan lantaran meremehkan Exeter di bawah asuhan Paul Tisdale.

Laga kedua tim berbeda kasta ini menjadi pertemuan keenam. Exeter berusaha menorehkan catatan sejarah dengan meraih kemenangan melawan The Reds. Liverpool  menyabet lima kemenangan dalam duel kontra Exeter.

Empat kemenangan Liverpool itu dicapai dalam kompetisi Piala Liga dan hanya sekali di ajang Piala FA, itu terjadi pada 1950 di Anfield ketika The Reds menang 3-1.

Komentar dua pelatih:     

* Paul Tisdale (Exeter City):

"Kali ini perlu menempuh langkah kompromistis karena kami berhadapan dengan resiko tidak kecil. Meskipun kami tidak ingin juga tampil bertahan dalam pertandingan nanti. Kami tidak melulu berdiam diri dan bersikap pasrah. Saya tidak ingin (para pemain) bersikap seperti itu."

"Saya beranggapan kami perlu berusaha dengan intensif. Saya tidak ingin kami terus bertahan dan menunggu hasil pertandingan."

* Juergen Klopp (Liverpool):
"Tim yang tampil bermain dengan kesungguhan tentu berharap meraih kemenangan, dengan seratus persen, dengan segala sesuatu yang mereka miliki. Sebuah tim juga harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk ketika banyak rekannya mengalami cedera."

"Jika memang ini kesempatan bagi Exeter maka mereka harus berusaha meraih (kemenangan). Inilah sepak bola. Kami bertanding ke sana hanya ingin meraih kemenangan, kemudian melaju ke putaran selanjutnya."

Prakiraan susunan pemain:

* Exeter City (4-4-2):

Olejnik (penjaga gawang), Woodman, Moore-Taylor, Brown, Davies, Holmes, Nicholls, Oakley, Grant, Morrison, Nichols
Pemain cadangan:
Hamon, Noble, Ribeiro, McAllister, Tillson, McCready, Reid

* Liverpool (4-3-3):
Bogdan (penjaga gawang), Randall, Lucas, Toure, Smith, Milner, Can, Allen, Ibe, Benteke, Teixiera
Pemain cadangan:
Mignolet, Clyne, Moreno, Brannagan, Kent, Lallana, Firmino

Data dan fakta:
* Pertemuan terakhir kedua tim di Piala Liga pada 2011. Liverpool yang masih di bawah asuhan pelatih Kenny Dalglish menang 3-1 di St Jamer park.
* Kali terakhir Exeter mencapai babak ketiga ketika mereka bermain imbang tanpa gol di Old Trafford pada 2005 di ajang liga non-klub.
* Exeter yang berjuluk The Grecians menderita empat kekalahan sejak babak kedua Piala FA, kemasukan 10 gol dan memasukkan tiga.
* Exeter telah melakoni enam laga tanpa meraih kemenangan di laga kandang (tiga kali imbang, tiga kali kalah).
* Liverpool tidak terkalahkan dalam 10 laga di kompetisi selama perjalanan musim ini di Piala Liga dan Liga Eropa (lima kali menang, lima kali imbang).
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Exeter City: L L L L W


2/1/16 Exeter City 1 - 2 Dagenham & Redbridge
28/12/15 Exeter City 0 - 2 Wimbledon
26/12/15 Oxford United 3 - 0 Exeter City
19/12/15 Exeter City 2 - 3 Luton Town
6/12/15 Exeter City 2 - 0 Port Vale

* Liverpool: W L W W L

5/1/16 Stoke City 0 - 1 Liverpool
2/1/16 West Ham United 2 - 0 Liverpool
30/12/15 Sunderland 0 - 1 Liverpool
26/12/15 Liverpool 1 - 0 Leicester City
20/12/15 Watford 3 - 0 Liverpool

* Head To Head:
 
24/8/11 Exeter City 1 - 3 Liverpool

* Prediksi hasil laga (Goal.com):  

Exeter City 0 - 3 Liverpool
Exeter City 0 - 4 Liverpool
Exeter City 0 - 2 Liverpool

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Exeter City: 0
* Liverpool: 3

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016