Tips nyaman melamar kerja di job fair

Tips nyaman melamar kerja di job fair

Ilustrasi - Antrean para pelamar pekerjaan di Gedung Smesco UKM, Jakarta, Jumat (8/1/16) (ANTARA News/Try Reza Essra)

Saya sarankan CV saja yang dibawa.."
Jakarta (ANTARA News) - Pameran lowongan kerja atau job fair menjadi salah satu ajang yang dinantikan para pencari pekerjaan.

Virta Permatasari dari bagian pemasaran Jobstreet.com memberikan tips singkat agar nyaman saat melamar pekerjaan di job fair.

"Pertama, pelamar kerja harus makan terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi job fair karena akan menguras energi akibat ramainya pengunjung," katanya di area Indonesia Career Expo 2016 di Jakarta, Jumat.

Kedua, pelamar harus mengetahui semua informasi tentang job fair, seperti jam buka, harga tiket masuk dan perusahaan yang hadir.

"Misalnya perusahaan tidak kredibel, itu kan sayang sekali, apalagi sebagian besar job fair berbayar," tuturnya.

Ketiga, ia juga meminta pelamar memperhatikan pakaian yang dikenakan. Pelamar memang dituntut untuk berpakaian secara profesional, tetapi juga harus memperhatikan kenyamanan.

Misalnya, jangan memakai sepatu hak terlalu tinggi atau menggunakan make up yang berlebihan. "Di sina kan padat dan ramai jadi make up bakalan tetap luntur," ujar dia.

Selanjutnya membawa banyak daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). "Saya sarankan CV saja yang dibawa, jadi foto, KTP dan surat lamaran itu tidak perlu." kata Virta.

Ia mengatakan, divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD) hanya melihat CV. Ijazah pun tidak dibutuhkan saat melamar kerja karena lebih diperlukan pada proses rekrutmen selanjutnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Mandalika diproyeksi serap 570 ribu tenaga kerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar