Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membangun toilet umum berstandar internasional di kawasan pusat olahraga Jakabaring Kota Palembang sebagai salah satu persiapan menghadapi perhelatan Asian Games 2018.

Pembangunan toilet umum itu penting mengingat ribuan peserta akan mengikuti pesta olahraga internasional yang dipusatkan di Jakabaring Palembang, kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Nantinya, keberadaan WC/toilet umum itu akan disebar di kawasan pusat olahraga yang rutin digunakan untuk pertandingan internasional tersebut.

"Jadi bila ada peserta yang ingin buang air nanti kita harapkan tidak kesulitan lagi karena tempatnya telah tersedia," ujar dia.

Selain itu, pembangunan WC tersebut juga salah satu syarat dalam pertandingan apalagi bertaraf internasional.

Oleh karena itu pihaknya akan mendirikan toilet di kawasan pertandingan tersebut.

Sementara mengenai jumlah toilet yang akan didirikan, menurut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, mimimal 25 unit dan lokasinya disebar.

Dalam kesempatan itu dia minta kepada Pemerintah Kota Palembang untuk dapat membangun WC/toilet juga.

"Sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018, wajar bila pemkot juga berpartisipasi termasuk dalam membuat toilet umum," ujarnya.

Apalagi di kawasan kota terutama areal publik toiletnya masih minim sehingga harus ditambah lagi.

"Kalau bisa WC umum dibangun Pemerintah Kota Palembang jumlahnya 100 unit, sehingga masyarakat dan peserta nanti tidak kesulitan lagi," tambah gubernur.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016