Roma (ANTARA News) - Ferrari menjadi tim Formula 1 terkini yang meluncurkan mobil mereka, SF-16H, untuk musim 2016 ketika mereka bertekad menandingi Mercedes pada persaingan konstruktor.

Tim Italia itu meluncurkan mobilnya melalui tayangan langsung pada situs mereka, Jumat, di mana ketua tim Ferrari, Maurizio Arrivabane, dan pebalapnya, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, menjadi bagian dari acara tersebut.

Mercedes mendominasi dua tahun terakhir di F1, di mana Lewis Hamilton memenangi gelar pebalap untuk kedua dan ketiga kalinya, namun Ferrari memangkas selisih pada musim lalu ketika juara dunia empat kali Vettel mengklaim tiga kemenangan di Grand Prix.

Ferrari, yang memenangi 16 gelar konstruktor, menyelesaikan musim 2014 dengan menghuni peringkat keempat, dan mantan ketua tim Stefano Domenicali digantikan Arrivabene sebagai hasilnya.

Tim ini tertinggal 275 angka di bawah Mercedes di peringkat kedua pada tahun lalu, namun masih mampu mendulang 216 angka lebih banyak daripada musim sebelumnya.

Arrivabane ingin melihat perkembangan timnya, dan memberikan tantangan yang lebih besar lagi.

"Saya pikir tahun ini, kami perlu sedikit lebih mendorongnya. Kami akan bertarung sampai akhir kejuaraan," ucapnya.

"Saya tahu bahwa ini tidak akan mudah, karena para kompetitor kami tidak tidur, namun kami berkomitmen melakukan yang terbaik."

SF-16H menampilkan lebih banyak warna putih dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan juga memiliki hidung yang lebih pendek.

Penutup mesin terlihat lebih ramping, mengindikasikan bahwa Ferrari telah memperbaiki sistem pendinginan mesin sepanjang musim dingin.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016