Pesawat Lion Air tergelincir, Bandara Juanda tutup sementara

Pesawat Lion Air tergelincir, Bandara Juanda tutup sementara

Proses evakuasi pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-263 tujuan Balikpapan-Surabaya yang mengalami "over run" (tergelincir) di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/2). Sebanyak 32 penerbangan domestik di bandara itu terganggu atau mengalami keterlambatan akibat tergelincirnya pesawat itu saat mendarat di bandara tersebut. (ANTARA FOTO/Malik)

Seluruh penumpang dinyatakan selamat, dan saat ini sudah selesai dilakukan proses evakuasi ..."
Sidoarjo (ANTARA News) - Pesawat terbang Lion Air jenis Boeing 737-9GP bernomor penerbangan JT-263 rute Balikpapan (Kalimantan Timur) ke Surabaya (Jawa Timur) tergelincir (over run) keluar landasan saat mendarat, sehingga Bandara Internasional Juanda Sidoarjo-Surabaya ditutup sementara.

Legal And Communication PT Angkasa Pura Juanda Surabaya, Liza Anindya, Sabtu, mengatakan bahwa pesawat tersebut mengalami over run di Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 11.08 WIB.

"Seluruh penumpang dinyatakan selamat, dan saat ini sudah selesai dilakukan proses evakuasi terhadap penumpang tersebut," katanya.

Ia mengatakan, dari data yang ada, para penumpang tersebut sudah selesai dilakukan evakuasi sekitar pukul 12.00 WIB dan secara keseluruhan selamat, serta tidak ada yang terluka.

"Pesawat ini sendiri membawa sebanyak 215 orang penumpang dan saat ini sudah dievakuasi melalui gate 1 dan gate 2 Bandara Internasional Juanda," katanya.

Sementara itu, Manager Pelayanan dan Umum PT Angkasa Pura Juanda Surabaya, Didik Tjatur P. dalam keterangan tertulisnya mengatakan, akibat peristiwa ini, Bandara Internasional Juanda untuk sementara ditutup sampai dengan pukul 15.30 WIB.

"Penutupan tersebut dilakukan karena saat ini masih dalam proses evakuasi dengan melakkan penarikan badan pesawat," katanya.

Bandara Juanda belakangan ini cuacanya sering terjadi hujan sehingga Angkasa Pura harus menyiapkan sejumlah pompa untuk mengantisipasi genangan air yang terjadi di landasan pacu (run way).

Tercatat lebih dari 20 pompa sudah disiagakan oleh pihak pengelola Bandara Juanda untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang terjadi di lingkungan bandara khususnya di landasan pacu.

Laman tiket dalam jaringan (daring) mencatat penerbangan Lion Air JT-263 berangkat dari Bandara Sepinggan, Balikpapan pada pukul 10.30 WITA dan tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo-Surabaya, pukul 11.00 WIB atau terbang sekira 90 menit. Lion Air JT-263 selama ini dijadwalkan beroperasi setiap hari, dan termasuk penerbangan domestik Indonesia.

Jarak penerbangan pesawat itu sekira 540 kilometer, dan menempuh kecepatan rata-rata 360 kilometer per jam. Tercatat pula harga tiket termurah untuk penerbangan tersebut secara daring Internet adalah Rp408.000 per penumpang.

Pewarta: Oleh Indra Setiawan
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Penumpang pesawat positif COVID-19 asal Surabaya kabur saat akan diisolasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar