Sebelum wisatawan lain membanjiri daerah tujuan wisata Wakatobi, masyarakat Sultra sebaiknya lebih dahulu mengunjungi Wakatobi sehinga bisa mengenal betul kondisi dan keindahan alam Wakatobi, terutama alam bawah lautnya,"
Kendari (ANTARA News) - Anggota DPR RI Ferdiansyah mengimbau masyarakat Sulawesi Tenggara di luar Kabupaten Wakatobi agar sering mengunjungi kabupaten yang sudah menjadi salah satu dari 10 destinasi pariwisata unggulan Indonesia.

"Sebelum wisatawan lain membanjiri daerah tujuan wisata Wakatobi, masyarakat Sultra sebaiknya lebih dahulu mengunjungi Wakatobi sehinga bisa mengenal betul kondisi dan keindahan alam Wakatobi, terutama alam bawah lautnya," katanya, di Kendari, Senin.

Menurut dia, jika masyarakat Sultra sudah mengenal betul keindahan alam Wakatobi, maka akan lebih mudah memperkenalkannya kepada para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Upaya itu, kata dia lagi, menjadikan para wisatawan sudah bisa mendapatkan gambaran umum mengenai Wakatobi sebelum mengunjungi kawasan wisata bahari itu.

"Jangan kita mengajak orang lain ke suatu tempat kalau kita sendiri belum pernah mengunjungi tempatnya," katanya.

Ia menegaskan, wisatawan mancanegara akan mencintai Wakatobi jika masyarakat Sultra sendiri mencintai Wakatobi.

Sebaliknya, kata dia pula, jika masyarakat Sultra sendiri tidak mencintai bahkan tidak peduli dengan Wakatobi, maka jangan mengharapkan orang lain akan mencintai Wakatobi.

"Intinya, kita harus mencintai daerah kita sendiri sebelum orang lain mencintai dan mengunjunginya," kata dia.

Pewarta: Agus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016