Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi seluruh aparat yang telah menjaga dan menciptakan keamanan di kawasan Kalijodo.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen aparat Polda dan Pangdam Jaya yang terus menjaga kawasan Kalijodo. Kalau komitmen itu tidak ada, penjagaan juga susah dilakukan," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, penjagaan oleh polisi dan TNI membuat warga tidak akan kembali lagi ke Kalijodo.

"Kalau kawasan Kalijodo itu tidak dijaga oleh polisi dan TNI sampai dengan hari ini, maka dikhawatirkan warga akan kembali menempati kawasan tersebut, padahal sudah kami tertibkan," ujar Ahok.

Dia menuturkan setelah pembongkaran bangunan-bangunan di Kalijodo selesai Senin kemarin, kini pihaknya masih terus membersihkan puing-puing sisa bongkaran.

"Oleh karena itu, kami sangat menghargai komitmen Polda dan Pangdam Jaya untuk terus melakukan penjagaan di Kalijodo. Kalau tidak dijaga, bisa-bisa warga kembali lagi ke situ usai penertiban," tutur Ahok.

Dia menyatakan, setelah seluruh Kalijodo selesai dibersihkan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI akan segera membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di situ.

"Membersihkan kemudian membuang puing-puing sisa pembongkaran bangunan itu kan butuh waktu. Tapi setelah pekerjaan itu selesai, kami akan langsung mengerjakan pembuatan taman di situ," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016