Kami mengajak seluruh jamaah dan civitas akademika kampus untuk ikut serta menunaikan salat gerhana matahari yang akan terjadi pada Rabu nanti,"
Makassar (ANTARA News) - Sejumlah masjid dan kampus di Makassar, Sulawesi Selatan, mengagendakan salat Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 sebagai salah satu sunnah Nabi Besar Muhammad SAW.

"Kami mengajak seluruh jamaah dan civitas akademika kampus untuk ikut serta menunaikan salat gerhana matahari yang akan terjadi pada Rabu nanti," ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar H Irwan Akib melalui keterangan persnya, Minggu.

Ia menyebutkan pelaksanaan salat Gerhana di lakukan di Masjid Subulus Salam Kampus Unismuh sekira pukul 7.25-9.30 Wita dengan Imam sekaligus Khatib H Abbas Baco Miro.

Sementara di Masjid Al Markas Al Islami juga akan dilaksanakan salat Gerhana Matahari juga sekitar pukul 08.00-09.00 Wita dengan Imam dan Khatib H Maskur Yusuf.

"Kami juga mengajak seluruh jamaah masjid untuk ikut bersama-sama melaksanakan salat Gerhana Matahari sebagaimana sunna Rasulullah Sallalahu Alihi Wassallam," kata panitia masjidn Prof Ali Parman.

Selain di Masjid Al Markas, pelaksanaan salat Gerhana Matahari Total juga dilakukan panitia Masjid Al Ihktiar Unhas di jalan Sunu Makassar dengan Imam Ustas Wahyudi sementara materi Khutbah dibacakan Ustas Jamaluddin.

Sedangkan Pemerintah Kota Makassar memusatkan salat Gerhana Matahari di Masjid Terapung, Amirul Mukminin Pantai Losari sekitar pukul 7.30-9.00 Wita. Para jamaah disarankan menggunakan baju putih-putih saat pelaksanaan salat sunnah tersebut.

"Kami mengajak seluruh warga kota yang beragama islam untuk ikut bersama-sama ikut salat Gerhana Matahari pada Rabu pagi nanti," kata Humas Pemkot Makassar Firman H Pangarra.

Sejumlah masjid di beberapa wilayah kota Makassar dan Kabupaten di Susel akan melaksanakan salat Gerhana Matahari sebagai salah satu amanah menjalankanan sunnah Nabi.

Berdasarkan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa atau LAPAN sejumlah daerah seperti Kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Kupang, Manado, Ambon dan termasuk Makasar mendapat Gerhana Matahari sebagian pada Rabu 9 Maret 2016 mulai proses pukul 07.00 Wita-09.00 Wita.

Gerhana Matahari di Makassar sendiri berada dikisaran 88,54 persen dan bisa disaksikan dengan mata telanjang maupung menggunakan kacamata khusus. Para ahli menyarankan agar menggunakan kacamata khusus untuk menggurangi dampak cahaya masuk ke mata.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016