Tilburg, Belanda (ANTARA News) - Ajax Amsterdam sukses menggulung tuan rumah Willem II dengan skor 4-0 dalam laga lanjutan pekan ke-26 Eredivisie Liga Belanda di Stadion Koning Willem II, Tilburg, Minggu.

Berkat kemenangan tersebut, Ajax kini mengemas 64 poin di urutan kedua klasemen sementara dan terus menempel ketat juara bertahan PSV Eindhoven (65) dalam perburuan gelar liga musim ini. Sementara Willem (25) tak beranjak dari peringkat ke-15.

Ajax menguasai jalannya pertandingan dengan 54 persen pengendalian bola sepanjang laga dan melepaskan 18 kali percobaan tembakan yang delapan di antaranya menemui sasaran.

Tuan rumah juga sebetulnya cukup agresif dengan melepaskan 16 kali percobaan tembakan sayangnya dari empat yang menemui sasaran tak berbuah menjadi satu gol pun bagi tim besutan Jurgen Streppel itu di laga tersebut.

Meski menguasai pertandingan, Ajax baru bisa membuka keunggulan mereka pada menit 43 lewat gol dari Arkadiusz Milik yang menanduk umpan silang kiriman Amin Younes.

Ajax menggandakan keunggulan mereka pada menit 52 setelah tendangan kaki kanan Riechedly Bazoer bersarang ke gawang yang dikawal Kostas Lamprou.

Delapan menit berselang, Lasse Schoene membawa Ajax menjauh dengan keunggulan 3-0 atas Willem.

Menit 65, Davy Klaassen menggenapkan kemenangan Ajax menjadi 4-0 dengan tendangan dari dalam kotak penalti.

Sejak tertinggal empat gol, Willem sebetulnya memiliki delapan kali percobaan tembakan namun tak satupun menemui sasaran, sebagian besar mampu dihalau barisan pertahanan Ajax atau justru melenceng dari sasaran termasuk tendangan Funso Ojo yang masih tipis di atas mistar gawang pada menit 89.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA.

Willem II (4-3-3): Kostas Lamprou (PG); Freek Heerkens, Dries Wuytens, Frank van der Struijk, Dico Koppers; Funso Ojo, Nick van der Velden, Rochdi Achenteh; Lucas Andersen (Robert Braber), Erik Falkenburg (Andy Kawaya), Terell Ondaan (Guus Hupperts)
Pelatih: Jurgen Streppel

Ajax Amsterdam (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Joel Veltman, Mike van der Hoorn (Ricardo van Rhijn), Nick Viergever, Mitchell Dijks; Riechedly Bazoer, Davy Klaassen, Nemanja Gudelj; Lasse Schoene (Robert Muric), Arkadiusz MIlik, Amin Younes (Viktor Fischer)
Pelatih: Frank De Boer

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016