Anggota DPR usulkan sensus ekonomi lima tahun sekali

Anggota DPR usulkan sensus ekonomi lima tahun sekali

Heri Gunawan (Antaranews/Zul Sikumbang)

Saat ini sensus ekonomi dilakukan sepuluh tahun sekali sehingga rentang waktunya terlalu lama, padahal hasilnya bisa menjadi rujukan untuk bagi pemerintah untuk mengabil kebijakan,"
Sukabumi (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan mengusulkan agar pelaksanaan sensus ekonomi yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dilaksanakan lima tahun sekali.

"Saat ini sensus ekonomi dilakukan sepuluh tahun sekali sehingga rentang waktunya terlalu lama, padahal hasilnya bisa menjadi rujukan untuk bagi pemerintah untuk mengabil kebijakan," katanya di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, BPS merupakan lembaga penghasil data yang datanya selalu dijadikann rujukan oleh siapapun khususnya eksekutif dan legislatif dalam membuat keputusan atau kebijakan.

Sehingga, datanya harus "up to date", apalagi di jaman era globalisasi terjadi percepatan perkembangan kehidupan sehingga data tentang ekonomi harus tersedia setiap waktu.

Jika sensus ekonomi tersebut dilakukan 10 tahun sekali itu terlalu lama dan idealnya lima tahun sekali sehingga bisa menjadi rujukan utama mulai dari wali kota/bupati, gubernur hingga presiden dalam

membuat suatu kebijakan. Karena jika 10 tahun sekali kepala daerah maupun negara harus duduk dua periode untuk sebagai pemimpin.

"Kami di legislatif akan mengusulkan hal tersebut dan diharapkan bisa direspon oleh pemerintah sehingga sensus ekonomi bisa dilakukan lima tahun sekali," tambahnya.

Heri yang merupakan politisi Partai Gerindra ini berharap para petugas/pencacah harus bekerja profesional dan dalam melakukan pendataan harus sedetail mungkin, karena hasil pendataannya tersebut akan menjadi rujukan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan.

Jika pendataan tidak tepat, maka kebijakan yang akan dikeluarkan nantinya juga tidak tepat.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Sukabumi, Dodi Gunawan Yusuf mengatakan para petugas/pencacah sensus ekonomi di Kabupaen Sukabumi yang diturunkan totalnya 1.340 orang.

Mereka merupakan hasil seleksi selama dua bulan yakni Januari-Februari dan kedepannya para petugas ini juga akan diberikan pelatihan tentang cara atau metodologi penyensusan.

"Sensus ekonomi ini salah satu tujuannya untuk memetakan potensi ekonomi tiap wilayah atau mengetahui populasi usaha. Maka dari itu, diharapkan warga bisa memberikan keterangan perihal kehidupan ekonominya," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Main ludruk, cara wakil rakyat membangkitkan kesenian tradisional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar