Bintan (ANTARA News) - Sekitar 800 pebalap dari 40 negara menjadi peserta Tour de Bintan 1-3 April 2016, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan Luki Zaiman Prawira.

"Ada sekitar 800 pesepeda menjadi peserta Tour De Bintan," tambahnya di Lagoi, Jumat.

Dia menjelaskan ada 70 tim balap sepeda yang akan mengikuti balapan. Tim paling banyak berasal dari Singapura mencapai 30 persen, diikuti Inggris 19 persen

Tim Australia mencapai 12 persen, sedangkan Indonesia hanya 6 persen.

"Ada juga tim dari Hong Kong, Malaysia dan negara Asia lainnya," katanya.

Dia mengatakan rute Tour de Bintan sudah diselenggarakan sebanyak lima kali, kecuali pada tahun 2015 lantaran kabut asap.

Rute prolog atau balapan pembuka yang pada Tour de Bintan tahun-tahun sebelumnya melintasi Tanjungpinang, diubah. Rute pembuka Tour de Bintan 2016 sejauh 12 KM tidak melintasi Tanjungpinang, melainkan Lagoi Bay, kawasan wisata baru.

Lagoi Bay, salah satu objek wisata di pesisir Bintan.

Perubahan tersebut, kata dia sebagai variasi untuk meningkatkan daya tarik wisman ke Bintan. Wisman akan melihat dan menikmati keindahan Lagoi Bay.

"Rute prolog pada tahun ini berbeda, sebagai variasi untuk menarik perhatian wisman," katanya.

Polres Bintan melakukan rekayasa jalan untuk mendukung kegiatan berskala internasional tersebut. Sejumlah ruas jalan yang dilalui pesepeda ditutup untuk umum.

Kepolisian Bintan juga mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan Tour de Bintan agar peserta dan wisman merasa nyaman.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016