Jakarta (ANTARA News) - Seperti yang telah dijanjikan saat peluncurannya pekan lalu, Apple mulai mengirim iPhone SE dan iPad Pro berlayar 9,7 inci kemarin, Kamis (31/3).

Tak lama setelah merilis dua perangkat terbarunya tersebut, Apple membuka pre-order yang hanya dibuka untuk sejumlah negara. Namun, beberapa hari yang lalu Apple memperluas pre-order iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci ke sejumlah negara.

Daftar negara yang dimaksud adalah Albania, Andorra, Austria, Bahrain, Belgia, Bosnia, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Yunani, Guernsey, Jersey, Hongaria, Islandia, India, Irlandia, Isle of Man, Italia, Kosovo, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Maladewa, Malta, Monako, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Turki, dan UEA.

Pengiriman untuk pre-order pertama iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci telah dilakukan kemarin. Kedua perangkat tersebut juga telah tersedia di toko retail Apple, sementara untuk toko retail lainnya kemungkinan akan tersedia beberapa hari mendatang.

Seperti yang diprediksi, peluncuran iPhone SE sukses besar di Tiongkok dan India, sedangkan pasar lainnya tampak kurang bersemangat. Tiongkok dan India tidak hanya pasar terbesar di dunia, namun juga pasar tempat smartphone dengan harga terjangkau paling banyak terjual.

Selain karena dibekali hardware yang mumpuni dan dibandrol dengan harga yang menarik, iPhone SE juga dilaporkan lebih menarik banyak pengguna Android dibanding pengguna iPhone.

Saat ini tercatat terdapat jutaan pre-order iPhone SE di seluruh dunia, dan Apple mendorong pemesanan perangkat tersebut seminggu hingga empat atau enam minggu tergantung konfigurasi, sehingga diperkirakaan penjualan iPhone SE akan cukup baik, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016