Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia saat ini konsisten untuk mengembangkan potensi wisata di daerah, kata anggota DPR RI Esti Wijayanti.

"Pemerintah RI pada 2016 melalui Kementerian Pariwisata memberikan kucuran anggaran naik hampir 300 persen karena sektor pariwisata akan menyejaheterakan masyarakat Indonesia sesuai dengan salam Pariwisata Jaya dan Sejahtera," kata Esti Wijayanti pada kegiatan sadar wisata di agro wisata Salak Pondoh, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kunjungan wisatawan dari luar negeri ke Indonesia pada 2015 mencapai 10 Juta orang, sedangkan untuk 2016 mentargetkan kunjungan wisatawan ke Indonsia 12 Juta orang.

"Namun khususnya di DIY pada 2015 wisatawan mancanegara yang hadir di Yogyakarta mencapai 230 ribu orang denagn rata-rata yang tingal di DIY mencapai 1,7 hari," katanya.

Ia mengatakan, para pengeloa wisata di Kabupatrn Sleman diharapkan bisa mampu membuat para wisata betah tingggal di Sleman dengan cara melaksanakan Sapta Pesona Pariwisata.

"Para pengelola wisata diharapkan dapat menerapkan Sapta Pesona yaitu, Aman, Tertib, Sejuk, Indah, Bersih, Ramah dan Kenangan," katanya.

Dalam kesempatan tersebu Esti Wijayanti juga menyampaikan bantuan secara simbolis berupa tong sampah dan alat kebersihan.

Selain juga juga pemberian CD Sapta Pesona dari perwakilan Kementrian Pariwisata RI Kepada Kepala Dinas Kebuayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.

Kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan sampah dan lingkungan embung/kolam agro Wisata Salak Pondoh Desa Bangunkerto, Turi sebagai wujud menciptakan lingkungan wisata yang bersih dan sejuk.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016