Jakarta (ANTARA News) - Banyak program ditempuh berbagai instansi untuk memeringati Hari Kartini kali ini. Pemerintah DKI Jakarta tidak mau kalah, dengan  meluncurkan dua unit bus Transjakarta khusus untuk wanita, di halaman Balai Kota Jakarta, di Jakarta, Kamis.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama, yang akrab dipanggil Ahok mendampingi istrinya, Veronika Tan, meresmikan peluncuran Transjakarta khusus wanita dan hadir pula Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono.

Secara fisik luar, yang membedakan dia dengan bus Transjakarta kebanyakan adalah kelirnya yang merah jambu. Jadilah bus Transjakarta khusus perempuan itu dijuluki bus Pinky, dengan tempat duduk dua kanan kirinya menghadap ke depan semua.

Adapun kapasitas bus gandeng itu sama seperti bus lain Transjakarta, terdiri dari 38 kursi duduk dan sekitar 80 berdiri.

Bus Transjakarta khusus wanita itu untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi wanita pengguna. 

Kaliwono mengatakan, untuk sementara akan ada disiapkan sepuluh unit bus untuk wanita.

"Bus ini beroperasi di koridor 1, Blok M mulai pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB setiap hari. Kami sediakan untuk meningkatkan pelayanan khususnya bagi pelanggan wanita," kata dia. 

Pewarta: Susylo Asmalsyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016