Sorong (ANTARA News) - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam kunjungan kerja di Provinsi Papua Barat, meninjau Gudang Bulog Kota Sorong, Selasa.

Rombongan Komisi IV yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron tidak hanya meninjau lokasi gudang tetapi juga memeriksa kualitas dan timbangan beras yang ada di gudang Bulog Kota Sorong itu.

Usai meninjau gudang, rombongan Komisi IV melakukan tatap muka dengan Kepala Divisi Regional (Kadivre) Bulog Papua baru Atar dan karyawan Bulog Kota Sorong.

Herman Khaeron mengatakan, Bulog ditetapkan di DPR sebagai BUMN mitra kerja Komisi IV yang mempunyai fungsi menjaga ketahanan pangan nasional.

Bulog dibentuk bukan untuk menyalurkan beras raskin semata tetapi Bulog adalah lembaga negara yang menjaga ketahanan pangan nasional minimal 10 persen.

Selain menjaga ketahanan pangan, kata dia, Bulog juga sebagai lembaga negara yang mempunyai fungsi untuk menjaga stabilitas harga.

Ia mengatakan, sebagai lembaga yang menjaga ketahanan pangan Bulog harus mempunyai banyak inovasi terutama memanfaatkan potensi pangan lokal.

"Khusus Papua diharapkan Bulog mengembangkan potensi pangan lokal seperti sagu dan umbi umbian sesuai kebutuhan masyarakat sehingga mengurangi ketergantungan konsumsi beras serta berkurangnya beban untuk kebutuhan beras secara nasional," ujar politisi Partai Demokrat itu.

Dia berharap kepada Bulog agar menjaga distribusi, kualitas dan kuantitas dalam menyalurkan beras kepada masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016