Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Umum (Perum) Damri melakukan inovasi layanan dengan meluncurkan contact center "Hello Damri 1500825" dan penerapan sistem reservasi angkutan antar kota berbasis teknologi informasi.

"Layanan ini merupakan jawaban perusahaan terhadap kebutuhan tanggapan yang cepat atas keluhan, kritik, dan saran penumpang," kata PLT Dirut Perum Damri, Sarmadi Usman, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Sarmadi mengakui selama ini pelayanan petugas contact center Damri belum seragam karena nomor kontak layanan disesuaikan dengan daerah operasional masing-masing.

"Mulai hari ini (1 Juni 2016), secara resmi contact center Damri terpusat di nomor 1500825," katanya.

Saat ini Damri memiliki 60 cabang di 34 Propinsi di seluruh Indonesia.

Untuk tahap awal, layanan "Hello Damri" akan melayani pelanggan mulai pukul 07:00 WIB-22:00 WIB selama 7 hari seminggu.

Ia menambahkan, peluncuran Hello Damri ini merupakan bentuk sinergi BUMN yang melibatkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) melalui PT Infomedia.

Pada kesempatan itu, selain contact center, Damri juga meresmikan sistem reservasi angkutan antar kota berbasis teknologi informasi.

"Sistem ini melayani pemesanan tiket angkutan antar kota baik dilakukan secara mandiri melalui ponsel maupun melalui agen-agen yang ditunjuk," ujar Sarmadi.

Dengan begitu, calon pengguna jasa Damri akan mudah melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum keberangkatan.

"Hasil kerjasama dengan KVS Infotech ini sudah dapat digunakan memesan tiket angkutan Lebaran 2016, sehingga para calon pemudik dapat memesan tiket saat ini juga," katanya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016