Madrid (ANTARA News) - Kapten Spanyol Iker Casillas meyakini bahwa David de Gea "bukan lagi merupakan prospek untuk masa yang akan datang namun pesaing kuat" untuk mengawal gawang tim nasional di Piala Eropa 2016.

Kiper Porto Casillas merupaakn kiper pilihan pertama negaranya sejak 2002, namun De Gea disebut-sebut sebagai favorit kuat untuk menjadi penantangnya setelah tampil bagus dalam semusim bersama Manchester United.

"De Gea bukan lagi merupakan (prospek) untuk masa yang akan datang namun pesaing kuat," kata Casillas kepada radio Cadena Cope.

"Sudah jelas bahwa kami semua ada di sini, kami memikirkan apa yang dapat kami mainkan."

"Kami adalah 23 pemain yang bermain sebagai pemain inti untuk klub-klub penting dan kami semua percaya bahwa kami dapat membantu tim nasional, namun menentukan siapa yang bermain sejak awal merupakan pekerjaan sang pelatih."

Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque tidak akan memberi keputusan mengenai siapa yang akan bermain di bawah mistar gawang sampai 13 Juni, ketika timnya memulai petualangannya di Piala Eropa melawan Republik Ceko di Toulouse.

Del Bosque mengonfirmasi bahwa De Gea akan tampil sebagai kiper inti pada pertandingan persahabatan melawan Georgia di Getafe pada Selasa. Casillas telah tampil sebagai pemain inti saat melawan Korea Selatan (Korsel) yang dimenangi dengan skor 6-1 pada pekan lalu.

Ketika ditanyai apakah dirinya akan menjadi kiper inti pada Piala Eropa 2016, Casillas berkata, "Itu adalah pertanyaan untuk Del Bosque."

De Gea (25) melakukan debut timnas seniornya pada Juni 2014 pada pertandingan persahabatan internasional, dan dimasukkan dalam skuad Spanyol untuk Piala Dunia namun ia tidak dimainkan.

Ia telah mencatatkan delapan penampilan untuk Spanyol, namun hanya tampil sebagai pemain inti sebanyak tiga kali pada kualifikasi Piala Eropa, di mana Casillas lebih diandalkan sebagai "sang nomor satu" dalam dua tahun terakhir.

De Gea nyaris menjadi pengganti Casillas di Stadion Bernabeu pada musim panas silam, ketika Casillas hengkang ke Porto, namun United dan Real tidak menyelesaikan kesepakatan sebelum tenggat waktu bursa transfer.

Terdapat banyak perhatian terhadap Casillas dan De Gea dari media Spanyol.

"Saya tahu terdapat 40 kamera yang fokus pada apa yang saya lakukan, sikap tubuh apapun yang saya tujukan kepada David akan dibawa keluar dari konteks untuk digunakan di acara-acara televisi," kata Casillas.

Bagaimanapun, Casillas mengatakan bahwa terdapat kompetisi yang sehat dalam tim.

"Apa yang benar-benar saya sukai adalah hal itu, selain berusia 35 tahun, saya memiliki rasa lapar, antusiasme, dan saya terus bersaing," ucapnya.

"Sekarang saya (bersaing) dengan De Gea dan dengan (kiper Sevilla) Sergio Rico, dan itu akan berjalan dengan baik."

Saat ditanyai mengenai masa depannya di timnas, Casillas berkata, "Saya akan memutuskan setelah turnamen." Demikian Reuters melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016