Garut (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa puasa Ramadan tidak boleh dijadikan sebagai hambatan untuk bekerja dan berkarya.

"Puasa bagaikan perisai yang memberi kekuatan. Bulan puasa justru meningkatkan produktivitas," katanya saat berdialog dengan kelompok tani Desa Sirnajaya, Garut, Jawa Barat, Minggu.

Zulkifli mencontohkan dirinya yang tetap kuat dan bersemangat melakukan safari Ramadan di berbagai kota di Jawa Barat untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR serta menyerap aspirasi berbagai kalangan.

"Puasa tida bikin lemah. Puasa kalau direnungkan membuat kita makin kuat, bukan lemas," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu.

Selain menyampaikan nasihat, Zulkifli juga mendengar curahan hati para petani yang mengeluhkan tingginya jarak antara harga hasil panen yang mereka jual dengan harga di pasaran.

Ia mengaku kaget dengan keluhan petani karena menurutnya, harga di konsumen tinggi seharusnya petani sudah untung.

"Yang saya tahu, harga cabe mahal dan harusnya petani untung. Inilah kesenjangan harga itu yang merugikan petani," ujarnya.

Ketua MPR berharap, pemerintah segera bertindak memotong rantai kesenjangan harga di pasar dan petani. Harus ada tindakan nyata agar petani bisa sejahtera dan harga di konsumen juga sesuai.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016