Prinsip utama dalam pertandingan yakni menekan lawan dan menunggu reaksi mereka kemudian melancarkan aksi yang cepat dan berbuah gol.
Lyon (ANTARA News) - Irlandia Utara percaya diri dapat merengkuh kemenangan dan meraih poin untuk mempertahankan asa ketika melawan Ukraina dalam laga Grup C Piala Eropa 2016.

Kepercayaan diri terbit dari kemampuan untuk memotivasi diri. Kepercayaan diri bukan muncul dari mereka yang suka membebek atau mengekor kepada pendapat orang lain.

Ini yang hendak dibuktikan Irlandia Utara ketika menghadapi Ukraina dalam laga yang digelar di  Parc Olympique Lyonnais, Décines-Charpieu, Lyon, Prancis, pada Kamis, pukul 23.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Simak apa yang dikatakan pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill' yang menyebut bahwa kekalahan tim asuhannya 0-1 dari Polandia pada Sabtu (12/6) justru mendongkrak kebersamaan tim untuk tampil lebih bersemangat ketika melawan Ukraina.

Harus menang, inilah pertaruhan yang tidak ringan bagi Timnas Irlandia Utara agar dapat lolos ke babak selanjutnya. Jelas, bahwa Ukraina bukanlah lawan yang ecek-ecek. Mereka juga melambungkan optimisme dapat meraih kemenangan.

Irlandia Utara mengandalkan Kyle Lafferty agar dapat menghidupkan lini depan. Striker Norwich ini yakin bahwa penampilan pertama tidak bisa dijadikan ukuran bagi kualitas tim. Pemain ini yakin bahwa Ukraina bakal mendapat perlawanan sengit.

"Bagi Michael, bagi seluruh staf pelatih, bagi seluruh warga masyarakat yang telah mengeluarkan uang tidak sedikit untuk datang ke sini, kami bertekad memberi penampilan terbaik dan mempersembahkan kemenangan dalam laga pada Kamis ini," katanya menegaskan.

Ukraina, yang kalah 0-2 dari Jerman pada laga Minggu (12/6) tentu membawa beban tersendiri bagi kepercayaan diri tim secara keseluruhan. Asisten pelatih  Andriy Shevchenko menyatakan timnya siap tampil menyerang ketika melawan Irlandia Utara.

"Kami masih memikirkan susunan pemain. Ini waktunya memilih taktik yang tepat bagi pertandingan nanti, dan satu hal yang jelas bahwa kami akan tampil menyerang," kata mantan striker Chelsea itu kepada TV Football. "Untuk itu, kami perlu tampil lebih akurat, utamanya di lini pertahanan."

Di kubu Irlandia  Utara, O'Neill besar kemungkinan tidak akan mengubah komposisi pemain, artinya susuna pemain sama ketika melawan Polandia. Sementara itu, pelatih Ukraina Mykhaylo Fomenko tidak diusik oleh cedera pemain.

Fomenko diharapkan menurunkan pemain Sevilla Yehven Konoplyanka dan pemain Dynamo Kiev Andriy Yarmolenko, untuk menopang serangan Ukraina ke pertahanan Irlandia Utara.

Komentar dua pelatih:

* Mykhailo Fomenko (Ukraina):
"Kami perlu tampil lebih kreatif agar memperoleh banyak peluang sebagaimana ketika melawan Jerman. Ini saatnya kami bangkit. Yang terpenting, kami mampu pulih dari kekalahan lalu kemudian bangkit."

"Para pemain telah bangkit kemudian tampil lebih baik di laga selanjutnya. Kami siap secara fisik dan secara mental. Para pemain memerlukan mental baja."

"Setiap pemain tahu bagaimana meraih kemenangan, dan saya beranggapan Irlandia Utara tampil dengan permainan yang tidak berbeda dengan laga sebelumnya. Kami coba memanfaatkan setiap peluang mencetak gol. Saya beranggapan mereka berada di bawah tekanan."

"Prinsip utama dalam pertandingan yakni menekan lawan dan menunggu reaksi mereka kemudian melancarkan aksi yang cepat dan berbuah gol. Para pemain kami tahu betul prinsip ini."

* Michael O'Neill (Irlandia Utara):
"Laga pertama sungguh mengecewakan dan kami mengakui hal itu. Para pemain siap tempur dan memotivasi diri meraih kemenangan. Pikiran dan perhatian pemain tetap fokus agar tampil lebih baik dalam pertandingan besok. Kami yakin dapat tampil lebih baik dengan penguasaan bola yang mumpuni."

"Kami perlu tampil lebih seimbang di semua lini. Laga antara Ukraina melawan Jerman demikian menarik. Kami melihat titik kuat tim Ukraina. Mereka menekan dengan mengandalkan set piece dan memanfaatkan setiap peluang dengan sebaik mungkin."

"Kami harus siap secara fisik dan mental menghadapi mereka. Satu hal yang tidak boleh kami lakukan, yakni berbuat kesalahan dan kebodohan, karena kompetisi ini sarat persaingan antar tim."  

Prediksi susunan pemain:

* Ukraina (4-2-3-1):

 Pyatov (penjaga gawang); Fedetskiy, Khacheridi, Rakitskiy, Shevchuk; Stepanenko, Sydorchuk, Kovalenko; Yarmolenko, Konoplyanka; Zozulya.

* Irlandia Utara (3-5-2):
McGovern (penjaga gawang), McLaughlin, Cathcart, Evans, McAuley; Ferguson, Dallas, Davis, Norwood; Lafferty, Washington.

Data dan fakta (Opta Facts):

* Irlandia Utara tidak pernah mengalahkan Ukraina (dua imbang, dua kalah). Hanya saja ddua pertemuan mereka berakhir imbang tanpa gol.
* Irlandia Utara hanya mampu melesakkan satu gol ke gawang Ukraina dalam empat pertemuan mereka. Gol itu dicetak oleh Iain Dowie pada April 1997 (babak penyisihan Piala Dunia, kalah 2-1).
* Ini kali pertama kedua tim bersua dalam turnamen akbar. Pertemuan sebelumnya di Piala Dunia (dua laga) dan kualifikasi Piala Eropa (dua laga).  
* Ukraina tersisih di babak penyisihan grup dalam penampilan Piala Eropa (2012).  Andriy Shevchenko, yang kini menjadi bagian dari staf pelatih, memperkuat Ukraina dan mencetak dua gol di ajang final.
* Sejak meraih kemenangan di laga pertama di Piala Eropa (2-1 melawan Swedia pada 2012), Ukraina kalah dalam tiga laga terakhir di turnamen tanpa mencetak gol (kebobolan lima gol).
* Hanya saja, dalam laga persahabatan, Ukraina hanya tiga kali kalah dari 19 laga, melawan juara Piala Eropa Spanyol (dua kali) dan sekali melawan juara dunia Jerman.
* Irlandia Utara hanya sekali menang dari 10 laga di turnamen besar (empat imbang dan lima kalah), itu ketika melawan Spanyol di Piala Dunia 1982.   
* Irlandia Utara hanya melepas dua tembakan ketika melawan Polandia ketika laga pembukaan. Tidak ada dari tembakan itu yang tepat sasaran.     
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah: D:imbang)

* Ukraina: L W W W W


12/06/2016 Jerman 2 - 0 Ukraina
03/06/2016 Albania 1 - 3 Ukraina
29/05/2016 Rumania 3 - 4 Ukraina
28/03/2016 Ukraina 1 - 0 Wales
24/03/2016 Ukraina 1 - 0 Siprus

* Irlandia Utara: L D W W D

12/06/2016 Polandia 1 - 0 Irlandia Utara
04/06/2016 Slovakia 0 - 0 Irlandia Utara
27/05/2016 Irlandia Utara 3 - 0 Belarusia
28/03/2016 Irlandia Utara 1 - 0 Slovenia
24/03/2016 Wales 1 - 1 Irlandia Utara

Head To Head:
 
06/09/2003 Ukraina 0 - 0 Irlandia Utara
16/10/2002 Irlandia Utara 0 - 0 Ukraina
02/04/1997 Ukraina 2 - 1 Irlandia Utara
31/08/1996 Irlandia Utara 0 - 1 Ukraina

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Ukraina 1 - 1 Irlandia Utara (21 persen)
* Ukraina 1 - 0 Irlandia Utara (18 persen)
* Ukraina 2 - 1 Irlandia Utara (13 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Kedua tim menelan kekalahan di laga pembuka Piala Eropa 2016. Untuk itu, kedua tim sama-sama termotivasi tampil mati-matian, dengan bertekad tampil menyerang.
* Ukraina punya peluang menang di atas kertas, meski Irlandia Utara bukan tim yang dapat dianggap enteng.   
* Irlandia Utara belum pernah mengalahkah Ukraina dalam empat pertemuan sebelumnya. Dua pertemuan terakhir berakhir imbang 0-0, meski kedua tim tidak pernah bersua sejak 2003. Mencetak gol menjadi motivasi bagi skuad asuhan Michael O'Neill.

Prediksi hasil laga:

* Ukraina: 1
* Irlandia Utara: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016