Pelindo IV siapkan posko antisipasi arus mudik

Pelindo IV siapkan posko antisipasi arus mudik

Ilustrasi-Penumpang Kapal Laut Penumpang kapal turun dari KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/6/2016). PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memprediksi arus mudik pada transportasi laut akan terjadi mulai H-15 hingga H+15 Lebaran 2016. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Makassar (ANTARA News) - PT Pelindo IV Makassar tengah menyiapkan sejumlah posko menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami sudah mempersiapkan semuanya termasuk posko-posko yang dibutuhkan penumpang mulai H-20 lebaran untuk mengantisipasi arus penumpang saat mudik nanti agar penumpang nyaman," ujar Pelaksana tugas (plt) General Manager PT Pelindo IV Makassar Yoseph Benny Rhoy, kepada wartawan di kantornya, Kamis.

Menurut dia, meski persiapan yang diajurkan pemerintah dimulai pada H-15, namun pihaknya tidak mau keteteran dengan melakukan persiapan diawal hingga masuknya waktu mudik.

"Semua sementara kami benahi dan disiapkan seperti ruang menyusui, kipas angin khusus pendingin ruangan, ruang kesehatan, tempat chas ponsel dan sejumlah lainnya yang diperlukan untuk kenyamanan penumpang," papar dia.

Selain fasilitas para penumpang, lanjut Benny, faktor keamanan juga di perketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. Tim pengamanan dibantu kepolisian akan bekerja sama menjalankan tugas.

"Tidak ada lagi penumpukan penumpang di ruang tunggu, hanya yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke ruang tunggu penumpang yang sudah difasilitasi. Keamanan juga didukung 16 CCTV yang akan memonitoring semua pergerakan penumpang sampai naik ke kapal," beber dia.

Sementara posko terpadu, kata dia, tengah disiapkan yang dilengkapi dengan info cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG termasuk CCTV di sejumlah titik rawan.

Benny mengungkapkan pelayanan dan fasilitas pendukung tersebut disiapkan untuk memberi pelayanan terbaik bagi para penumpang sebagai bagian mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi terjadi penundaan pemberangkatan karena kendala teknis.

"Kesiapan ini bagian dari pelayanan kita kepada penumpang, kalau pun ada penumpang yang punya keuangan lebih bisa menginap di hotel, kalau pas-pasan dapat memilih tinggal di pelabuhan untuk sementara bilamana ada penundaan keberangkatan kapal," katanya.

Mengenai dengan jumlah arus mudik tahun lalu berapa jumlah data yang diperoleh, dia menyebutkan hingga H-3 mencapai 32 ribu lebih penumpang yang tercatat selama musim mudik 2015.

"Diperkirakan ada lonjakan kenaikan tiga persen penumpang untuk mudik tahun ini, mungkin sekitar 35-36 ribu penumpang, mengingat bila masuk H-7 sampai H-3 rata-rata jumlah penumpang diatas seribuan satu kapal yang biasanya hanya 700-800 penumpang," kata dia.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Pelabuhan Trisakti siap tiru Benoa untuk layani kapal pesiar

Komentar