Brebes (ANTARA News) - Dua jembatan yang berada di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah sedang dalam perbaikan sehingga berpotensi memicu kemacetan arus lalu lintas saat musim mudik dan balik Lebaran 2016.

Pada Sabtu, perbaikan Jembatan Sungai Pah di Kabupaten Tegal dan Jembatan Sipait di Kabupaten Pekalongan masih berlangsung dan diperkirakan hingga Lebaran tiba belum selesai.

Pada perbaikan Jembatan Sungai Pah, kendaraan berukuran kecil dari arah barat (Jakarta) dialihkan melalui jembatan "balley" yang hanya bisa dilalui satu arah, sedangkan kendaraan besar seperti bus dan truk dilewatkan jembatan utama di sisi selatan berbagi jalur dengan kendaraan dari arah timur.

Sementara itu, Jembatan Sipait yang di sisi utara juga dalam proses perbaikan sehingga hanya ada jembatan "balley" dan satu jembatan utama dari arah timur (Semarang) sehingga pemudik perlu mewaspadai kemungkinan terjadi kemacetan lalu lintas.

Terkait dengan hal tersebut, jajaran Polres Pekalongan bersama instansi terkait telah menyiapkan jalur alternatif guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di Jembatan Sipait.

Jalur alternatif yang disiapkan tersebut melalui rute Comal-Sragi-Bojong-Kedungwuni-Ponolawen-Kedungwuni.

Polres Pekalongan juga akan berusaha memprioritaskan arus lalu lintas padat dengan cara "contra flow".

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016