Brebes (ANTARA News) - Unit Pengelola Zakat Baznaz Almukarromah Islamic Center Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyalurkan zakat pada ratusan anak yatim.

Pengurus Masjid Almukarromah Islamic Center Brebes, Abdul Haris di Brebes, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai rangkaian amaliyah Ramadhan 1437 Hijriyah untuk meringankan beban anak yatim menjelang Lebaran 2016 dan pelajaran baru.

"Kami ingin meringankan beban pada para anak yatim menjelang Lebaran dan pelajaran baru. Sedikitnya 150 anak yatim mendapatkan santunan uang sebesar Rp175 ribu per orang, tas sekolah, dan buku," katanya.

Ia mengatakan agenda tahunan yang telah berlangsung hingga lima tahun ini mendapatkan respons positif oleh masyarakat, termasuk para donatur yang semakin menaruh perhatian dan kepercayaan pada UPZ.

"Setiap tahun jumlah anak yatim dan besaran santunan yang diterima selalu meningkat. Kami santunan ini bisa menambah keberkahan dan kemakmuran bersama dan bagi mereka agar bisa makin giat belajar dan mendapatkan nilai tinggi," katanya.

Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Akrom Jangka Daosat mengajak pada anak yatim selalu tabah dan sabar menghadapi cobaan dunia.

"Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia juga mengalami keprihatinan sebagai anak yatim. Akan tetapi Nabi Muhammad bisa berubah karena kebaikan ahlaknya, bahkan menjadi manusia yang mulia dan menjadi pemimpin dunia dan akherat," katanya.

Kepada para donator, kata dia, dengan membagi zakat pasti akan dikembalikan lagi oleh Allah SWT dalam bentuk dan wujud yang lebih banyak dan lebih baik lagi.

"Pemberian sedekah, lebih baik dengan memakai duit dulu karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bisa saja bersedekah dengan ilmu, senyum, dan mauidlah khasanah serta kalimat toyibah, senyum, ramah, itu bagi orang yang tidak punya duit," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016