Payakumbuh, Sumbar (ANTARA News) - Sebanyak 25.000 pelajar di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan yang diselanggarakan 21 Juni hingga 1 Juli 2016.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 71 masjid dan mushalla yang tersebar di lima kecamatan yang ada di daerah itu.

"Pesantren Ramadhan ini sudah menjadi agenda rutin Pemkot Payakumbuh sejak 2014 lalu," kata dia saat membuka kegiatan tersebut yang ditandai dengan pemukulan beduk dan pelepasan balon di GOR Kubu Gadang.

Ia menambahkan, kegiatan Pesantren Ramadhan ditargetkan menjadi momen membangkitkan kesadaran dan menciptakan insan serta generasi muda yang berakhlak mulia sesuai ajaran islam.

Pihaknya, menargetkan generasi muda di kota tersebut punya mental yang baik dan kuat menghapi godaan dan tantangan yang semakin hari makin kuat, salah satunya masalah narkoba dan pergaulan bebas.

"Oleh karena itu mari jadikan kegiatan Pesantren Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dan genersai muda sehingga dapat merubah karakter peserta menjadi lebih baik," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Hasan Basri mengatakan untuk jadwal pelaksanaannya, dari subuh hingga pukul 09.00 WIB untuk pelajar SD/MI, pukul 09.00 sampai shalat Zuhur buat pelajar SMP/MTs dan pukul 13.00 hingga usai shalat Ashar pelajar SMA/SMK/MA

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan tersebut sehingga berjalan dengan sukses dan lancar.

Salah seorang Warga Payakumbuh, Edwar berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada para pelajar sehingga dapat membentengi diri mereka dari pengaruh negatif.

"Para pelajar saat ini perlu pendidikan keagamaan yang lebih untuk membentengi mereka dari godaan dan tantangan yang terjadi saat ini," sebut dia.

Pewarta: MR Denya Utama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016