Kolkata (ANTARA News) - India untuk pertama kalinya mengadakan Festival Perahu Naga China pada Minggu (26/6) di Kolkata dan menyedot banyak penonton multiras.

"Festival ini, yang pertama di India akan membawa lebih banyak pembangunan dan kerja sama antara India dan China," kata Konsul Jenderal China di Kolkata Ma Zhanwu, dikutip dari Xinhua.

Lomba perahu naga diadakan di danau di bagian selatan kota dan dibawah pengawasan Calcutta Rowing Club, klub dayung tertua kedua di dunia dan tertua di Asia.

Ribuan orang, rata-rata datang bersama keluarga, berbaris di tepi danau dan bertepuk tangan ketika menyaksikan dua tim dayung berlomba.

Mereka juga dihibur oleh penampilan seniman yang membawakan tarian naga diiringi drum dan simbal khas negeri Tirai Bambu tersebut.

Selain itu, para pengunjung festival juga dapat menikmati berbagai ragam makanan China yang dijual di kios-kios sekitar danau.

Yingwah Chu (73), pemilik pabrik kulit yang tinggal di India mengatakan mereka merasa senang karena selama empat generasi tinggal di sana merasa terisolasi.

"Kami senang sekali dan ini pertanda baik," kata dia.

Xie Ying Xing, pemilik sebuah restoran di Kampung China kota tersebut pun merasa senang untuk pertama kalinya ada festival tersebut.

"Kami harap bisa menyelenggarakan festival seperti ini setiap tahun," kata dia.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016