Jakarta (ANTARA News) - Alat musik khas Pulau Rote, NTT, sasando, turut memeriahkan Hari Raya Idul Fitri di rumah dinas Menteri Perindustrian, Saleh Husin, Jalan Widya Candra, Jakarta.

"Sasando kan alat musik tradisional dari NTT, khususnya dari Rote. Saya ingin memperkenalkan kepada tamu-tamu yang hadir, di mana banyak juga tamu asingnya," ujar Menteri Saleh ditemui di Jakarta, Rabu.

Menurut kelahiran Rote, 52 tahun lalu ini, upayanya tersebut sekaligus sebagai promosi salah satu kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dunia. "Setiap ada kesempatan, kita promosi dan promosi," tukasnya.

Jack Bullan, pemain sasando yang didapuk Husin senang bisa menghibur para tamu undangan yang merayakan Lebaran di rumah Saleh.

Menurut pemain sasando yang sudah menjelajah 50 negara ini, ia dan Saleh Husin bertemu dalam sebuah acara peluncuran buku, hingga akhirnya ia diundang untuk memetik sasando di saat Lebaran hari ini.

"Saya sedang tampil di sebuah acara peluncuran buku, lalu bertemu pak menteri. Terus saya diundang. Senang sekali," ungkapnya.

Bullan yang diminta beberapa tamu untuk berfoto bersama dua buah sasando miliknya tersebut berharap, para tamu dapat menikmati alunan alat musik yang dipelajarinya sejak kecil itu. "Semoga bisa menghibur," katanya.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016