Cianjur (ANTARA News) - Menjelang sore laju kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, tersedat karena meningkatnya volume kendaraan pelancong bercampur dengan kendaraan warga yang hendak bersilaturahmi ke sanak saudaranya di kawasan tersebut, Kamis.

Pantauan, hingga Kamis sore menjelang antrian kendaraan terus memanjang dari kedua arah baik dari arah Puncak menuju Cianjur atau sebaliknya. Bahkan disejumlah titik rawan macet, seperti Pertigaan Hanjawar, KKebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon, laju kendaraan sempat tidak bergerak selama beberapa menit.

Sehingga puluhan petugas disejumlah pos pam di jalur tersebut, memasang pagar pembatas ditengah jalan untuk mengantisipasi terjadinya macet total dan mengalihkan penguna jalan dengan tujuan Cipanas atau Puncak dari Cianjur, ke jalur alternativ Hanjawar-Pacet, meskipun kondisi jalan rusak.

Hal yang sama terlihat pula di sejumlah jalur alternativ Hajawar-Pacet dan Cipanas-Balakang, dimana volume kendaraan terus meningkat menjelang sore sehingga jalur alternatif tersebut mengalami antrian panjang kendaraan dengan laju tersendat.

Kabag Ops Polres Cianjur, Kompol Hilman di Cianjur, Kamis, mengatakan, saat ini ratusan petugas terpaksa turun ke jalan untuk mengantur dan memecah antrian panjang kendaraan yang mulai tersendat di sejumlah titik di Jalur Puncak-Cianjur.

"Kami juga memasang pagar pembatas dibagian tengah jalan untuk mengantisipasi terjadinya macet total di sepanjang jalur tersebut. Terlebih ketika bubaran tempat wisata, jalur Puncak-Cianjur terutama menuju arah Bogor akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi," katanya.

Meskipun belum berencana melakukan sistem buka tutup satu arah, namun pihaknya akan berkordinasi dengan Polres Bogor, jika antrian terus memanjang dan tidak bergerak."Satu arah merupakan upaya terakhir untuk memecah antrian dan macet total, namun hal tersebut sifanya situasional," katanya.

Pihaknya memperkirakan hingga akhir libur panjang hari raya, volume kendaraan di jalur tersebut akan terus meningkat dan kepadatan akan terjadi sepanjang libur tersebut, sehingga pihaknya mengimbau penguna jalan khususnya pemudik yang hendak kembali ke perantauan untuk menghindari jalur Puncak-Cianjur.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016