Rio de Janeiro (ANTARA News) - Perenang Swedia yang sedari awal jadi favorit juara, Sarah Sjostrom, memecahkan rekor dunia 100 meter gaya kupu-kupu putri atas namanya sendiri Minggu malam waktu setempat untuk menjadi perempuan Swedia pertama yang merebut medali emas Olimpiade.

Perenang Kanada berusia 16 tahun bernama Penny Oleksiak merebut perak, sedangkan perunggu menjadi milik perenang Amerika Serikat Dana Vollmer. Vollmer adalah juara Olimpiade sebelumnya yang setahun lalu resmi menjadi ibu.

Sjostrom, tiga kali menjadi juara dunia pada nomor ini, mencatat waktu 55,48 detik untuk mengoreksi rekor dia sebelumnya 55,64 detik yang dia ciptakan setahun lalu di Rusia.

Ini adalah medali pertama Olimpidea yang diperoleh perenang berusia 22 tahun itu setelah tampil pada dua Olimpiade sebelum Rio.

Dia juga akan turun pada nomor 50, 100 dan 200 meter gaya bebas, namun menyatakan gaya kupu-kupu adalah nomor yang paling mungkin mempersembahkan emas kepadanya.

"Perasaannya gila banget. Saya enggak sadar itu rekor dunia baru," kata Sjostrom seperti dikutip Reuters. "Saya tahu saya jadi favorit besar. Saya di bawah tekanan, oleh karena itu saya berusaha fokus untuk tidak melakukan kesalahan."

"Sebelum berlomba saya bilang pada diri saya sendiri. Ah ini hanya kolam renang. Bukan apa-apa. Saya tahu yang harus dilakukan."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016