Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten, mengalokasikan dana Rp1 miliar untuk menyediakan sarana transportasi bagi jamaah haji mulai dari keberangkatan hingga kepulangan.

"Jadi, jemaah calon haji yang berangkat dari Kota Tangerang menuju asrama akan diantar menggunakan bus, dan itu semua gratis karena sudah ditanggung oleh Pemkot Tangerang, termasuk kebutuhan lainnya seperti makanan," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan penyediaan bantuan itu ditujukan untuk memudahkan jamaah dan mengurangi beban biaya yang harus mereka tanggung.

Dia berharap jemaah fokus menjalankan ibadah selama berada di Tanah Suci dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

"Kami harapkan, jemaah calon haji mendoakan Kota Tangerang bisa lebih baik lagi dan membumikan Alquran di Kota Akhlakul Karimah ini," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Moh. Agus Salim mengatakan pemerintah daerah diperbolehkan memberikan fasilitas kepada warganya yang menunaikan ibadah haji jika ada pengaturannya dalam peraturan daerah.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Tangerang H Dedi Mahfudin tahun ini ada 1.527 warga Tangerang yang akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016