Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, menilai wacana akuisisi anak usaha PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) oleh PT PLN (Persero) dapat menangkap potensi energi geothermal nasional mencapai 28.000 MegaWatt.

"Kalau Pertamina itu, tujuannya bagaimana PGE bisa berkembang dan kita bisa menangkap potensi nasional 28.000 MW," kata dia, di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan saat ini produksi energi panas bumi yang dihasilkan PGE baru mencapai 450 MW dibandingkan potensi nasional yang mencapai 28.000 MW.

Pertamina pun menargetkan produksi energi panas bumi PGE dapat ditingkatkan menjadi lebih dari 1.000 MW pada tiga sampai empat tahun mendatang sehingga masih banyak sisa potensi yang dapat dieksplorasi.

"Potensinya masih sangat besar. Tadi disampaikan secara nasional (produksi energi panas bumi) mencapai 2.000 MW dari 28.000 MW. Potensi besar ini bagaimana secepatnya dimanfaatkan," ujar dia.

Ia menambahkan saat ini kedua BUMN itu tengah melakukan proses uji tuntas rencana akuisisi itu.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, mengatakan, wacana akuisisi PGE oleh PT PLN (Persero) berdasarkan instruksi dari Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Pewarta: Mentari Gayati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016