Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memberikan pandangannya terhadap sosok Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

"Kalau soal kecerdasan, Pak BG (Budi Gunawan) termasuk polisi yang banyak menulis dalam lima hingga 10 tahun terakhir. Saya tidak meragukan kapasitas dan kemampuan Budi Gunawan," katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Menurut Fahri, Budi Gunawan juga merupakan sosok yang memiliki analisa tinggi serta cakap dalam membaca keadaan, meskipun mantan kepala Lembaga Pendidikan Polri itu tidak banyak bicara.

"Memang orangnya tidak suka bicara, tetapi orangnya itu menulis, analitik dan cukup kuat dalam membaca keadaan," ujarnya.

Selain itu, Fahri menilai, posisi terakhir Budi Gunawan sebagai Wakil Kepala Polri juga sudah memadai untuk dipromosikan sebagai Kepala BIN.

Pimpinan DPR telah menerima surat pergantian Kepala BIN yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Uji kelayakan dan kepatutan pun segera dilakukan terhadap Budi Gunawan.

"Kami akan proses rapim, Senin akan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi, biasanya Komisi I kemudian diumumkan dalam rapat paripurna terdekat, setelah itu fit and proper oleh Komisi I," kata Ketua DPR RI Ade Komarudin.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016