Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan jumlah penumpang bus Transjakarta dapat terus meningkat hingga mencapai 15 juta orang setiap bulan.

"Pada bulan Agustus 2016, jumlah penumpang bus Transjakarta sebanyak 11,68 juta orang. Kami targetkan tahun ini juga penumpangnya bisa mencapai 15 juta orang per bulan," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, selama Agustus 2016, jumlah rata-rata penumpang bus Transjakarta setiap hari adalah sebanyak 374.000 orang. Jumlah penumpang pada Agustus 2016 meningkat sekitar 10 persen dibandingkan dengan Juni 2016.

"Pada bulan Juni 2016, jumlah penumpang mencapai 10,2 juta orang, dengan rata-rata per hari 340.000 orang. Perbandingan tidak bisa dilakukan dengan bulan Juli. Karena pada bulan tersebut merupakan libur Lebaran," ujar Budi.

Untuk merealisasikan target tersebut, dia menuturkan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan. Dengan harapan, seluruh penumpang merasa aman dan nyaman saat menggunakan bus Transjakarta.

"Yang pasti, pelayanan kepada para penumpang terus kami tingkatkan. Kami berharap, apabila penumpang merasa nyaman, maka jumlahnya juga akan ikut bertambah banyak," tutur Budi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan Transjakarta, yaitu dengan cara menambah jumlah armada bus secara bertahap.

"Selain itu, kami juga terus melakukan sterilisasi jalur busway Transjakarta, sehingga perjalanan bus tidak terganggu. Sterilisasi ini kami lakukan bersama dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI serta Polda Metro Jaya," ungkap Budi.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016