Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 3.500 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, TNI Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan untuk mengamankan perayaan Idul Adha 2016 di Jakarta dan sekitaranya.

"Sasarannya tentu jalan tempat wisata, jalan arah luar kota baik arteri maupun tol," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto di Jakarta Kamis.

Moechgiyarto menambahkan petugas gabungan juga memperhatikan tempat ibadah dan pusat perbelanjaan selama libur Idul Adha.

Selain itu, petugas akan memantau lokasi yang menjadi pelaksanaan malam takbiran, menjadikannya prioritas agar tidak terjadi gangguan ketertiban keamanan masyarakat maupun lalu lintas.

Polisi jenderal bintang dua itu pun menyebutkan petugas akan mengantisipasi gangguan ketertiban masyarakat dengan meningkatkan operasi kegiatan rutin.

Moechgiyarto memperkirakan puncak kepadatan arus lalu lintas ke arah keluar Jakarta terjadi pada Jumat (9/9) sore.

"Mungkin puncak orang keluar mudik," ujar mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Terkait antisipasi kemacetan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Moechgiyarto menyiapkan skenario pembebasan tarif tol apabila terjadi antrean hingga 5 kilometer di Tol Brebes Timur, berkoordinasi dengan PT Jasa Marga.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016