Jakarta (ANTARA News) - Bayi perempuan yang berumur satu hari, yang terlantar dan ditemukan di depan pintu Panti Asuhan Kampung Melayu, dibawa dan dirawat ke Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Cipayung, Jakarta Timur, kata Kepala Seksi Sosial Kecamatan Tebet, Herlina Tambunan.

"Kami mendapat laporan ada bayi yang ditemukan di depan pintu panti asuhan. Karena tidak diketahui keberadaan orang tuanya, maka kepala panti tersebut menyerahkannya ke Polsek Tebet," kata Herlina, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan bayi itu ditemukan pada Senin dini hari di Panti Asuhan Kampung Melayu.

Setelah diserahkan ke pihak kepolisian, Kepolisian Sektor Tebet membawa bayi tersebut ke Puskesmas Tebet untuk memeriksa keadaan dan kesehatannya.

"Setelah diperiksa kondisi kesehatan di puskesmas, maka bayi itu harus diberikan perawatan. Untuk itu diserahkan ke kami supaya dirujuk ke Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa milik Dinas Sosial DKI. Bayi tersebut akan dipenuhi segala kebutuhan dasarnya," ujarnya.

Jika tidak ada orang tua datang untuk membawa pulang bayi itu, Herlina menuturkan anak tersebut akan diasuh negara dan Pemerintah DKI akan merawat dan memenuhi kebutuhan anak itu dan menyekolahkannya hingga ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas.

"Namun jika ada yang mau mengadopsi, silakan ke panti dan ikuti prosedur adopsi. Dengan memenuhi persyaratan yang ada. Persyaratan itu untuk memastikan bayi tersebut terjamin kehidupannya nanti," tuturnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016