Jember (ANTARA News) - Jember Marching Band mewakili Indonesia dalam kompetisi marching band tingkat Asia yakni Winter Guard International di Kuala Lumpur, Malaysia, 15-16 Oktober 2016.

"Hari ini (Minggu) kami menampilkan pentas spesial sebagai bentuk pamit kepada masyarakat Jember di GOR PKPSO Kaliwates dan meminta doa restu dari masyarakat agar mendapatkan juara dalam kompetisi WGI tersebut," kata pembina Jember Marching Band Tri Basuki di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

Seluruh personel Jember Marching Band sebanyak 35 orang, ofisial, dan pelatih akan berangkat dari Kabupaten Jember pada Selasa (11/10) malam dan tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (12/10) pagi.

Para personel Jember Marching Band yang mengikuti kompetisi WGI di Malaysia sebanyak 70 persen adalah anggota baru yang berasal dari para siswa-siswi SMP dan SMA di Jember dan persiapan sudah dilakukan selama satu tahun penuh.

Menurutnya, rangkaian WGI yang diikuti oleh sekitar 18 peserta dari seluruh negara di Asia tersebut akan terbagi menjadi dua sesi yakni sesi kompetisi marching band dan "coaching clinic".

"Tour WGI tersebut akan digelar di tiga negara di Asia yakni Malaysia, Indonesia, dan Jepang, namun Jember Marching Band hanya mengikuti kompetisi marching band tingkat Asia itu di Indonesia dan Malaysia," tuturnya.

Ia menjelaskan ada tiga kategori dalam lomba WGI di Malaysia dan Indonesia yakni percussion ensemble, brass wind contest, dan color guard contest yang akan diikuti oleh 18 peserta dari beberapa negara di Asia.

"Setelah mengikuti kompetisi marching band di Malaysia, maka Jember Marching Band akan mengikuti kompetisi WGI di Indonesia yang digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur," ujarnya.

Khusus di WGI Indonesia, lanjut dia, juga akan digelar "coaching clinic" yang dibuka untuk pelatih, juri, dan pemain marching band yang terbagi menjadi judges clinic, instructor clinic, dan players clinic.

"Kami ingin mempromosikan Jember ke tingkat internasional melalui kompetisi marching band di tingkat Asia karena Kabupaten Jember juga memiliki kegiatan kompetisi Jember Open Marching Band yang digelar setiap tahunnya," katanya.

Tri Basuki mengatakan agenda WGI tingkat Asia tersebut merupakan tahap seleksi kejuaraan dunia marching band WGI di Ohio, Amerika Serikat.

"Mudah-mudahan kita bisa meraih juara seperti pada tahun 2010 dan 2014, sehingga kompetisi marching band dunia di Ohio akan lebih mulus dan WGI di Ohio rencananya akan digelar April 2017," tuturnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016