Teheran (ANTARA News) - Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, mengatakan, Selasa, kunjungannya di Iran akan membuka peluang untuk membicarakan berbagai masalah menyangkut kepentingan kedua negara dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral, kata laporan koran Tehran Times.

"Kunjungan saya ini merupakan kesempatan bagus untuk memperkuat hubungan bilateral, mengembangkan peluang kerja sama ekonomi serta meningkatkan kolaborasi antara perusahaan-perusahaan Finlandia dan Iran," kata Niisto, di depan para pelaku bisnis Finlandia dan Iran, di Teheran.

"Pada tahun yang telah berlalu, kita telah mengambil langkah-langkah maju dalam memperluas hubungan kita dan (saling) melakukan kunjungan pada tingkat tinggi," katanya seperti dikutip surat kabar Tehran Times.

Kesepakatan nuklir Iran, yang disebut dengan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), adalah sebuah tonggak sejarah penting, yang membuka peluang-peluang baru bagi hubungan dan kerja sama bidang bisnis secara bilateral, tambah Presiden.

Niinisto mengatakan Finlandia bisa menawarkan kepada Iran keahlian dan teknologi tingkat tinggi menyangkut "penggunaan energi secara efisien, bioekonomi, kehutanan, pertambangan, konstruksi dan kesehatan."

Niinisto tiba di Teheran, Selasa, untuk kunjungan selama dua hari di republik Islamis itu.

Niinisto membawa rombongan yang terdiri dari berbagai kalangan penting penting, termasuk sejumlah pengusaha dan para pejabat politik Finlandia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016