Sampai hari ini, kemungkinan upacaranya digelar di TMP Kalibata
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa peringatan upacara dalam rangka Hari Pahlawan 10 November akan dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, DKI Jakarta.

"Sampai hari ini, kemungkinan upacaranya digelar di TMP Kalibata. Tindak lanjutnya nanti ada rapat pada Kamis besok," ujarnya ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Rabu.

Jika pusat peringatan di Jakarta maka dipastikan pusat upacara tidak dilakukan di Tugu Pahlawan Surabaya seperti tahun sebelumnya.

Pada 10 November 2015, saat itu hadir langsung Presiden RI Joko Widodo sekaligus sebagai inspektur upacara dengan didampingi sejumlah menteri di Kabinet Kerja.

Kementerian Sosial, kata dia, pada peringatan Hari Pahlawan 2016 bertindak sebagai panitia dan mempercayakan kepada putra Pahlawan Nasional Bung Tomo, Bambang Sulistomo, sebagai ketua panitia.

Sementara itu, terkait gelar Pahlawan Nasional tahun ini, mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan tersebut memastikan ada sejumlah nama-nama pejuang yang akan ditetapkan.

"Namun saya tidak bisa menyebutkan karena bukan wewenang Menteri Sosial," ucap ketua umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama tersebut.

Kendati demikian, ia mengungkapkan terdapat 11 nama yang disampaikan ke Dewan Gelar untuk dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dalam rangka Hari Pahlawan 2016 ini.

"Saya juga sudah dapat konfirmasinya siapa saja yang dinobatkan, tapi maaf sekali lagi, saya tidak bisa menyebutkannya. Nanti akan diumumkan sekitar 6-8 November di Jakarta," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016