Johannesburg (ANTARA News) - Menteri olahraga Afrika Selatan Fikile Mbalula menyebut Sunette Viljoen, peraih medali perak lempar lembing negara tersebut, "orang paling angkuh dan tidak tahu rasa terima kasih... yang pernah saya temui"

Hal itu disampaikan Mbalula, Senin, terkait bonus uang tunai bagi sang atlet.

Fikile Mbalula dan Viljoen saling menghina di Twitter di tengah memanasnya kontroversi di antara keduanya. Menteri olahraga dituduh melanggar janji untuk memberikan 70.000 rand kepada peraih medali perak di Olimpiade Rio itu.

Sunette Viljoen adalah "orang paling angkuh dan tidak tahu rasa terima kasih... yang pernah saya temui," kata Mbalula dalam serangkaian cuitan. "Apa yang menjadi haknya sudah dibayarkan."

"(Dia) menyatakan kepada semua orang dia tidak menginginkan uang itu... sekarang dia membutuhkan uang, saya harus melompat.”

Viljoen sebelumnya mencuit pesan langsung dari Mbalula yang isinya bertuliskan: "Kamu bilang kamu tidak membutuhkannya. Jadi, saya menuruti keinginan Anda."

Atlet tersebut membalas di Twitter mengatakan dia "tidak pernah mengatakan itu. Ini cara Anda diperlakukan setelah memenangkan medali Olimpiade. Memalukan.”

Keduanya sering terlibat sengketa, dengan Viljoen sering mengkritik bagaimana pemerintah menjalankan olahraga di Afrika Selatan.

Komisi Olimpiade Afrika Selatan membayarkan bonus kepada para atlet Olimpiade yang sukses.

Mbalula kemudian mengumumkan bonus tambahan ketika menyambut tim Afrika Selatan saat mereka tiba di bandara Johannesburg pada Agustus, demikian seperti dikutip dari laporan AFP. (mr) 

 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016