Jakarta (ANTARA News) - Pangeran Harry mengeluarkan pernyataan langka berisi kritikan pada media yang telah mengganggu kehidupan pribadi pacarnya, aktris Amerika Meghan Markle, di mana Harry mengatakan pers telah membuat pacarnya jadi sasaran “gelombang gangguan dan perlakuan tak pantas”.

Surat kabar Inggris setiap hari menulis berita tentang Markle sejak beredar kabar aktris 35 tahun itu berkencan dengan cucu Ratu Elizabeth tersebut.

Dalam pernyataan yang untuk pertama kalinya mengonfirmasi hubungan pangeran dan Markle, Sekretaris Komunikasi Harry mengatakan mereka telah berusaha menjaga agar tidak ada fitnah yang muncul di surat kabar.

“Dia jarang mengambil tindakan resmi atas kisah tidak benar mengenai dirinya yang kerap dipublikasikan dan dia telah bekerja keras menjalin hubungan profesional dengan media,” demikian yang tertulis dalam keterangan itu.

“Tapi pekan ini batas itu terlampaui. Pacarnya, Meghan Markle, telah jadi sasaran gelombang gangguan dan perlakuan tak pantas.”

“Sebagian sudah terlihat di ruang publik, nama baiknya dicemarkan di halaman depan surat kabar nasional, komentar bernada rasis, komentar rasis dan seksis di media sosial dan artikel web.”

Harry sebelumnya telah mengungkapkan ketidaksukaannya pada pers dan dalam keterangan itu dia mengatakan meski dia menghargai kehidupannya yang istimewa, dia merasa harus buka mulut.

“Rasanya tidak benar karena hubungan yang baru dijalin beberapa bulan dengan pangeran membuat Markle harus menghadapi badai seperti itu,” tulis keterangan tersebut.

“Dia tahu komentator akan mengatakan ini ‘harga yang harus dia bayar’ dan ‘ini bagian dari permainan’. Dia sangat tidak setuju. Ini bukan permainan, ini hidup Markle dan hidupnya, demikian dilansir Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016