Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi IV DPR RI Andi Nawir mengatakan perlu ada kerjasama antara kementerian untuk mendorong keberhasilan program pangan di Kabupaten Merauke, Papua.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin, Andi mengatakan salah satu kerjasama yang diperlukan antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat antara lain pembangunan sistem irigasi yang tepat.

Sistem irigasi untuk mengairi cetak sawah baru seluas satu juta hektare di Kabupaten Merauke sangat membutuhkan konektivitas antarkementerian.

"Saya kaget melihat potensi lahan yang cukup luas. Dalam pertemuan dengan Wakil Bupati Merauke, ternyata luas areal di sini masih satu juta hektare yang belum dikelola. Ini sangat menarik bagi DPR dan pemerintah pusat yang kebetulan ingin merealisasikan program cetak sawah baru," katanya.

Persoalan yang belum diatasi dalam program cetak sawah sejuta hektare ini adalah sistem irigasi.

Pemerintah Kabupaten Merauke masih menggunakan sistem tadah hujan untuk irigasi. Di sinilah, kata Andi, butuh konektivitas antara Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR untuk membangun irigasi besar yang bisa mengairi sejuta hektare sawah yang ditargetkan dibuka tahun ini.

"Ini memang perlu ditangani lintas kementerian agar irigasi yang ada bisa diperbaiki, bahkan dibangun sistem irigasi yang lebih besar dan terpadu. Harus ada konektivitas antara Kementan dan Kemen PUPR agar bisa menyelesaikan secara total. Kelak, hasilnya bisa dimanfaatkan juga oleh masyarakat Merauke," ujar politisi Partai Gerindra tersebut.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016