Jakarta (ANTARA News) - Grup band RAN yang beranggotakan Rayi Putra Rahardjo (Rayi), Anindyo Baskoro (Nino) dan Astono Andoko (Asta) merilis album kelima bertepatan dengan ulang tahun RAN yang kesepuluh.

Album yang berjudul "RAN" tersebut berisi 10 lagu yang telah dipersiapkan tak kurang dari satu tahun.

"Ini memang album persembahan selama perjalanan RAN dari awal sampai sekarang, sekaligus jadi kado untuk fans kami. Selain itu kami belum pernah bikin judul album self-titled juga, jadi kami rasa sekarang waktu yang pas menggunakan nama kami untuk album," kata Rayi dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA News, Jumat.

Album tersebut berisi tema-tema baru mulai dari soal pengamen, cinta terhalang perbedaan, "move on", hingga keindahan Indonesia.

RAN juga mengajak sejumlah musisi yang sangat berarti bagi mereka untuk berkolaborasi.

"Umur 10 tahun ini sepenuhnya independen, kami punya label sendiri, semua kami kerjakan sendiri. Justru di umur yang ke-10 ini kami ingin menunjukkan konsistensi yang selalu memberikan album dengan warna yang macam-macam di-10 lagu di dalamnya," ujar Nino.

Misalnya saja di lagu "Hijau dan Biru" yang berbicara soal keindahan Indonesia. Pada lagu itu, mereka coba bermain dengan unsur tradisional.

Menariknya, RAN mengajak guru musik mereka saat di SMA yang bernama Yusup Oeblet, seorang komposer untuk musik tradisional.

"Itu juga sebagai ucapan terima kasih kami sama pak Oeblet, dia guru musik, ada program dia gimana caranya membuat lagu," kata Asta.

"Waktu itu diajak ke pelabuhan Sunda Kelapa dan akhirnya saya satu grup sama Rayi, ini cikal bakal saya gabung sama Rayi untuk buat lagi dan setelah lulus Nino bergabung. Ini menarik juga sih," kenang Asta.

Kemudian kolaborasi juga dilakukan dengan sejumlah musisi antara lain Yura Yunita, Kahitna, Cancer Warrior di lagu "Nyanyian Harapan" yang sudah pernah dirilis sebelumnya.

RAN berharap dengan dirilisnya album tersebut dapat memberikan inspirasi dan mengubah hidup orang lain agar lebih positif dan juga menjadi momentum bagi mereka untuk berkarya sekaligus mengukuhan posisi di belantika musik Tanah Air.

"Apa yang kami lakukan bisa diterima orang banyak, intinya RAN foryourlife!," kata Nino.

Mulai hari ini, karya terbaru dari RAN tersebut sudah bisa didapatkan dalam format digital di iTunes atau layanan musik streaming lainnya seperti Apple Music, Kkbox, Deezer, Spotify dan Yonder Music.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016