Semarang (ANTARA News) - Aksi panggung musisi legendaris Iwan Fals dan konvoi kendaraan temput TNI serta Polri menutup Apel Nusantara Bersatu yang digelar di kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Iwan Fals yang tampil di panggung menyanyikan sejumlah lagu, salah satunya lagunya yang tergolong baru yakni "NKRI Harga Mati".

Rintik gerimis yang mengguyur Kota Semarang sejak pagi tidak menyurutkan semangat warga sipil bersama personel TNI-Polri untuk turut menyanyi bersama.

Selain penampilan Iwan Fals, konvoi kendaraan tempur yang sebelumnya sudah dipajang sejak Selasa (29/11), juga menjadi penutup apel bertema "Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika" itu.

Masyarakat sipil diizinkan untuk naik ke atas kendaraan tempur dan sejumlah truk pengangkut pasukan itu.

Beberapa kendaraan tempur yang turut serta dalam konvoi tersebut antara lain dua panser dan dua kendaraan taktis milik kepolisian.

Kepala Penerangan Kodam IV/ Diponegoro Kolonel Dwi Endro Sasongko mengatakan aksi ini merupakan ajang silaturahmi seluruh lapisan masyarakat di Jawa Tengah.

Menurut dia, tidak ada kaitan kegiatan kali ini dengan demonstrasi yang akan digelar pada 2 Desember.

"Tidak ada kaitan dengan aksi 2 Desember, ini murni digagas masyarakat Jawa Tengah untuk menjalin kebhinnekaan," katanya.

Pewarta: I.C. Senjaya
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016