London (ANTARA News) - Bos tim Formula Satu telah memilih Lewis Hamilton sebagai pebalap terbaik, meskipun pebalap asal Inggris itu kehilangan gelar oleh rekan satu timnya di Mercedes Nico Rosberg, dalam jajak pendapat majalah tahunan Autosport.

Pebalap asal Jerman Rosberg, yang memenangkan kejuaraan dunia pertamanya dalam balapan yang menegangkan di Abu Dhabi pada akhir musim Minggu lalu, menempati posisi ketiga dalam satu pemilihan rahasia setelah pebalap sensasional Red Bull asal Belanda berusia 19 tahun Max Verstappen. Sementara pebalap Red Bull lainnya asal Australia Daniel Ricciardo menempati urutan keempat.

Hamilton memenangkan 10 dari 21 balapan musim ini - untuk pertama kalinya seorang pebalap memenangkan lebih dari tujuh ajang balapan namun tidak berakhir sebagai juara dunia -sementara Rosberg memenangi sembilan ajang balapan.

Juara dunia tiga kali itu juga berakhir dengan 12 posisi start terdepan (pole position) namun kalah lima poin dari Rosberg, yang menikmati keandalan mobil yang lebih besar dan konsisten meraih podium.

Hamilton mendapat poin lebih di jajak pendapat Autosport 2016, yang meminta bos mereka menyebut 10 nama pebalap terbaik dan kemudian memberi poin penghargaan kepada setiap pebalap sesuai dengan sistem penilaian di Formula Satu, daripada yang ia lakukan tahun lalu saat memenangkan gelar dengan tiga putaran tersisa, demikian Reuters.

(D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016