London (ANTARA News) - Ratu Inggris Elizabeth II akan mundur sebagai pelindung 25 organisasi, termasuk kejuaraan tenis Wimbledon dan Rugby Football Union, dan menyerahkan tugas tersebut kepada anggota keluarga kerajaan lainnya setelah dia berusia 90 tahun, kata kantornya pada Selasa (20/12).

"Pada akhir tahun ulang tahun ke-90 Ratu, Yang Mulia akan mundur sebagai pelindung dari sejumlah organisasi nasional," kata Istana Buckingham dalam satu pernyataan.

Lembaga lain yang masuk dalam daftar tersebut yaitu badan amal anak-anak Barnardo's, British Cycling Federation dan Royal Geographical Society.

Di All England Lawn Tennis dan Croquet Club Wimbledon, tempat ratu menjadi pelindung sejak 1952 meskipun hanya menghadiri beberapa pertandingan, dia akan digantikan oleh istri Pangeran William, Kate.

Pangeran Harry akan mengambil alih posisi Ratu di Rugby Football Union, tempat dia menjadi pelindung resmi sejak mewarisi takhta pada 1952.

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan badan-badan amal tersebut mewakili kurang dari lima persen dari 600 organisasi di mana ratu adalah pelindungnya.

"Ratu tidak akan lagi memiliki hubungan formal dengan organisasi-organisasi tersebut. Jika ada keterlibatan kerajaan, maka undangan akan disampaikan kepada para anggota keluarga kerajaan lainnya," katanya.

Ratu sudah sedikit mengurangi keterlibatannya dalam satu tahun terakhir, menurut perkiraan di media Inggris, dari 393 pada 2014 menjadi 341 pada 2015.

Ratu merupakan penguasa yang paling lama bertahan menyusul kematian Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Pada September tahun lalu dia melampaui masa pemerintahan pendahulunya, Ratu Victoria, yang bertakhta dari 1837 sampai 1901 menurut warta kantor berita AFP.
(mr)
 

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016