Pembangunan jembatan ini masih sebatas wacana, namun demikian kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk merealisasikan program ini."
Pangkalpinang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewacanakan akan membangun jembatan penghubung Pulau Bangka dengan Pulau Belitung, guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Gubernur bercita-cita membangun jembatan penghubung Pulau Bangka dan Belitung," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Babel Hasanuddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan pembangunan jembatan penghubung dua pulau besar di provinsi ini, dalam upaya pemerintah memeratakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan jembatan ini masih sebatas wacana, namun demikian kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk merealisasikan program ini," ujarnya.

Menurut dia apabila pembangunan jembatan ini terwujud, maka pendistribusian berbagai kebutuhan pokok masyarakat melalui jalur darat lebih efektif dan efisien.

"Selama ini pendistribusian berbagai kebutuhan pokok masyarakat melalui jalur laut dan udara, sehingga perbedaan harga sembako di dua pulau itu cukup tinggi," ujarnya.

Selain itu, kata dia pembangunan jembatan ini akan menjadi destinasi wisata baru, karena wisatawan dapat menikmati keindahan alam bahari di daerah ini.

"Jembatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan internasional, pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia berharap wacana pembangunan jembatan ini dapat terealisasikan melalui dana APBN dan APBD.

"Mudah-mudahan pemerintah pusat memberikan tanggapan yang positif terhadap wacana pemerintah daerah untuk membangun jembatan penghubung Pulau Bangka dengan Belitung ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017