Aku untuk Indonesia

Aku untuk Indonesia

Indonesia itu begitu luar biasa. Begitu banyak potensi luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia yang sangat memungkinkannya untuk menjadi negara besar, bahkan negara adikuasa sekalipun. Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia. Akan tetapi, tidak hanya jumlah populasi saja yang dapat dibanggakan dari Indonesia.

Ekonomi Indonesia pun sampai sekarang ini bertumbuh dengan sangat cepat dimana BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02% pada tahun 2016 di tengah kelesuan ekonomi dunia. Ekonomi Indonesia pun tentunya masih akan terus tumbuh dan tumbuh dengan adanya bonus demografi sampai pada tahun 2035 nanti.

Dari sisi keragaman pun, kita patut berbangga dapat menjadi bangsa Indonesia. Di negara mana lagi kita dapat menemukan keanekaragaman dalam suatu bangsa yang begitu tinggi selain di Indonesia?

Ada terdapat lebih dari 300 kelompok etnik, atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010 di Indonesia. Suku bangsa yang berbeda-beda tersebut dapat hidup berdampingan dan mereka dapat saling bertoleransi satu sama lain.

Begitu sulit kita menemukan fenomena ini di belahan dunia manapun selain di Indonesia. Sebagai putra-putri bangsa Indonesia, tentu saja kita harus bangga akan itu semua. Indonesia tidak kalah dari bangsa-bangsa lain, justru bangsa-bangsa lain lebih mengagumi kehebatan dan potensi Indonesia tersebut.

Sampai detik ini, potensi Indonesia masih terus digarap untuk semakin menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar.

Suatu saat nanti, kitalah yang akan menjadi sang penggarap dan kita akan menjadi kunci untuk mengubah potensi Indonesia menjadi kekuatan Indonesia, sebab kitalah generasi penerus bangsa. Kita harus berani untuk beraksi dan berkontribusi demi kemajuan Indonesia. Untuk itu, kamu harus datang ke acara Indonesian Culture and Nationalism (ICN) 2017.

Acara ini dihadirkan oleh Student Board S1 Universitas Prasetiya Mulya dengan tema AKULTURASI: Aktualisasi Tutur Generasi. Kita sebagai generasi muda tidak cukup hanya sekadar memiliki ide saja dan berbicara tentang ide saja, namun juga kita harus mengaktualisasikan ide tersebut supaya dapat menghasilkan dampak yang nyata bagi Indonesia.

ICN sendiri memiliki 3 rangkaian acara utama, yakni ICN Conference, ICN Festival, dan Food Exhibition.

ICN Conference merupakan salah satu rangkaian acara yang diikuti oleh 34 delegasi terpilih dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Para delegasi yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan permasalahan di provinsi mereka, dan mempresentasikan proyek sosial untuk mengatasi masalah tersebut. Pada akhir acara nanti, akan terpilih 5 delegasi yang akan diberikan pendanaan masing-masing sebesar 10 juta rupiah untuk menjalankan proyek sosial mereka.

Kemudian berikutnya adalah acara Food Exhibition yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Maret 2017 dan 5-8 April 2017 di Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya. Ini merupakan acara bazar kuliner tradisional Indonesia, dimana para pengunjung dapat merasakan makanan dan minuman tradisional Indonesia, disertai dengan dekorasi yang mampu membangkitkan kecintaan terhadap kekayaan dan warisan budaya.

Acara ICN kemudian ditutup dengan acara puncak, yakni ICN Festival yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 April 2017. Dalam acara ini akan dihadirkan tokoh-tokoh inspiratif dari pemerintah dan public figure yang akan berbicara tentang Indonesia dan bagaimana cara kita untuk dapat berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik lagi.

Sudah tidak sabar lagi bukan untuk datang ke ICN Festival 2017? Stay tune terus di twitter @icn_id. Jangan sampai ketinggalan informasi dan jangan sampai kehabisan tiket. #ICN2017 #AKULTURASI #AkuUntukIndonesia

ADVERTORIAL

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar