Polda NTT akan mem-back up pasukan sebanyak 100-150 personel untuk pengamanan pekan suci (Semana Santa) di Kota Reinha Rosari Larantuka
Kupang (ANTARA News) - Polda Nusa Tenggara Timur akan mengirimkan 150 personel Polri ke Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Semana Santa yang dimulai dari Rabu (12/4) hingga perayaan Paskah pada 16 April 2017.

"Polda NTT akan mem-back up pasukan sebanyak 100-150 personel untuk pengamanan pekan suci (Semana Santa) di Kota Reinha Rosari Larantuka," kata Kapolda NTT Brigjen Pil Agung Sabar Santoso kepada pers di Kupang, Selasa.

Semana Santa merupakan ritual keagamaan tahunan yang dilaksanakan oleh pemeluk Katolik di Kota Larantuka dengan mengarak Patung Bunda Maria Reinha Rosari keliling Kota Larantuka pada saat Jumat Agung (14/4).

Jenderal polisi berbintang dua itu menjelaskan pasukan dari Polda NTT yang dikirim ke Larantuka, sebuah kota kecil yang terletak di bawah kaki gunung Ile Mandiri itu, terdiri atas anggota Reserse, Intelijen, Sabhara, serta Brimob Polda NTT.

"Pasukan-pasukan yang kita siapkan akan konsentrasi penuh di Larantuka, karena banyak peziarah Katolik dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri akan datang ke sana," ujarnya.

Ia menambahkan pengiriman pasukan tersebut semata-mata untuk memberi rasa nyaman kepada siapa pun, termasuk para peziarah Katolik yang akan mengikuti Prosesi Jumat Agung di Larantuka.

Kapolda Agung Sabar Santoso juga mengimbau masyarakat untuk membantu polisi dalam pelaksanaan tugas di lapangan agar Prosesi Jumat Agung dalam masa pekan suci itu berlangsung khimat dan agung.

Ia mengharapkan agar perayaan Paskah di Larantuka dan NTT seluruhnya bisa berjalan dengan aman dan tenteram sebagai wujud dari toleransi antarumat beragama dan antaragama di daerah ini tetap terjaga.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017