Madiun (ANTARA News) - Ribuan umat Katolik di Kota Madiun, Jawa Timur, merayakan malam Paskah dengan melakukan misa Sabtu Suci di Gereja Katolik Santo Cornelius di Jalan Pahlawan, Sabtu malam.

Pastor setempat Romo Budi Prasetyo mengatakan, perayaan agung Sabtu Suci atau malam Paskah terbagi dalam empat bagian liturgi.

"Pertama adalah upacara cahaya, kedua upacara sabda, ketiga upacara pembaptisan, dan keempat upacara Ekaristi," ujar dia.

Pantauan di lokasi, misa perayaan malam Paskah atau Sabtu Suci tersebut dilaksanakan dua kali mengingat daya tampung gereja yang terbatas. Yakni misa pada pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB.

Diperkirakan jumlah umat yang mengikuti misa pada pukul 18.00 WIB mencapai 2.000 orang, sedangkan pada pukul 21.00 WIB mencapai 500-an orang.

Untuk menambah daya tampung umat, pihak panitia Paskah Gereja Katolik Santo Cornelius memasang tenda di sekeliling halaman gereja dan menyediakan kursi.

Sabtu Suci sendiri merupakan bagian dari pekan suci Paskah yang dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Pekan suci ini diawali dengan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

Pelaksanaan misa malam Paskah tersebut mendapat pengamanan ketat dari personel Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota, terlebih dari Sektor Manguharjo.

"Kami melakukan pengamanan dan meningkatkan kewaspadaan untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat Kota Madiun yang sedang melaksanakan ibadah Paskah di Gereja Santo Cornelius," kata Kapolsek Manguharjo Kompol Edi Susanto.

Sementara, kondisi yang sama dilakukan oleh ratusan umat Katolik di Gereja Katolik Mater Dei Jalan Setia Budi Kota Madiun.

Mereka juga merayakan misa malam Paskah dengan khidmat. Misa berjalan lancar dengan pengamanan ketat dari Polsek Kartoharjo Polres Madiun Kota.

(T.KR-LUS/I007)

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017