Sakhir, Bahrain (ANTARA News) - Sean Gelael secara resmi mengaspal mencoba jet darat milik tim Toro Rosso, di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Senin. Debut perdana uji coba itu dia mulai dengan "salam perkenalan" dari jet darat buatan Perancis yang dia kemudikan, Renault STR12.

Pertama kali, pebalap berusia 20 tahun ini menjajal Renault STR12 secara mulus sebelum akhirnya kembali masuk ke paddock pada pukul 09.12 waktu setempat. Setelah pemeriksaan beberapa saat, Sean kembali mengitari sirkuit dengan jarak 5,412 km itu. Kali ini, lebih banyak dan bersaing dengan pebalap dari Ferrari.

Namun, saat masuk putaran ketiga, dia harus memperpelan laju kendaraannya dan menepi karena diduga ada permasalahan pada kendaraannya. Anak pasangan Ricardo Gelael dan Rini Gelael ini langsung keluar dari kendaraannya dan selanjutnya kembali ke paddock dengan diantar petugas.

Mobil Renault STR12 yang dipakai langsung dibawa kembali ke paddock dengan cara ditarik dan ditutup kain biru. Setelah diturunkan, mobil yang selama ini digunakan Daniil Kvyat ini langsung dicek teknisi ahli berikut mekanik Toro Rosso.

Informasi dari manajemen Sean Gelael, Renault STR12 yang digunakan bermasalah pada sistem persnelingnya. Kondisi ini membuat pebalap andalan Indonesia itu mengakhir ujicoba sesi pertama karena kendaraan dalam perbaikan.

Setelah diperbaiki, Sean kembali ke lintasan. Kali ini bisa lebih panjang karena sukses menyelesaikan 24 putaran. Waktu yang dicatatkan pun terus mengalami peningkatan dan catatan hingga satu menit 38,111 detik.

"Adaptasi dengan mobil berjalan baik. Saya cukup nyaman dengan proses pengenalan mobil. Kondisi mobil mulai oke setelah gearboks diperbaiki," kata Sean saat dikonfirmasi di sela latihan.

Pada ujicoba seri Selasa pagi ada 11 pebalap yang turun ke lintasan balap Sirkuit Sakhir, Bahrain.

Berdasarkan catatan waktu yang ada, pebalap Mercedez, Lewis Hamilton, dengan catatan waktu satu menit 32,822 detik dan menyelesaikan 27 putaran disusul Ricciardo dari Redbull dengan waktu satu menit 33,315 detik.

Sean untuk sementara berada di posisi 10 karena masih menggunakan jenis ban medium, sedangkan pebalap yang lain sudah menggunakan ban lembut dan amat lembut. Kondisi ini dipastikan akan berubah pada ujicoba seri sore karena lintasan bakal lebih dingin

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017