Paembang (ANTARA News) - Serangkaian inovasi ditempuh polisi untuk meningkatkan layanan pada masyarakat. Yang termutakhir adalah aplikasi "Polisi Wong Kito" dari Polda Sumatera Selatan. 

Tidak kurang Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, meresmikan sekaligus melundurkan aplikasi "Polisi Wong Kito" itu, di Palembang, Jumat. Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dan sejumlah bupati serta pejabat Polda Sumatera Selatan, juga hadir.

Kata Karnavian, melalui aplikasi sistem layanan online "Polisi Wong Kito" itu, masyarakat dapat menggunakan telepon selulernya memanfaatkan fitur layanan lalu-lintas, Surat Keterangan Catatan Kepolisian secara online, keluhan pelayanan, info SDM, dan pembinaan masyarakat.

Juga berita seputar kegiatan polda dan polres-polres di sana, informasi tempat-tempat penting, pelaporan masyarakat, dan pelayanan polisi bersifat darurat.

Semuanya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan segera dari polisi setempat, di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu. "Polisi Wong Kito" juga untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat menghadapi Asian Games pada 2018.

Sementara Kepala Polda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Agung Maryoto, menjelaskan, aplikasi "Polisi Wong Kito" itu sangat mendukung 11 program prioritas Kepolisian Indonesia polisi yang profesional, modern, dan terpercaya.

Cara menggunakan aplikasi "Polisi Wong Kito" itu mudah saja, masyarakat mendaftar dan masuk ke sistem alias login secara langsung akan mengetahui bhayangkara pembina kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

Kemudian terdapat pula fasilitas pemesanan antrean secara online pelayanan Samsat, sehingga masyarakat tidak perlu mengantre di kantor pelayanan serta dapat memilih waktu yang diinginkan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017