Sejak 1 Januari 2017, setiap terminal tipe A yang sudah beralih status di bawah Kemenhub setiap harinya selalu melakukan pengecekan kelaikan kendaraan baik administrasi maupun teknis
Purwokerto (ANTARA News) - Petugas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan dibantu Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengecek kelaikan bus menjelang masa angkutan Lebaran di Terminal Bulupitu, Purwokerto.

Dalam kegiatan yang digelar Rabu pagi, petugas menyasar bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang sedang menunggu penumpang di jalur keberangkatan Terminal Bulupitu.

Petugas tidak hanya memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan setiap bus yang diperiksa tetapi juga mengecek seluruh alat kelengkapannya seperti lampu dekat, lampu jauh, lampu rem, lampu sein, lampu mundur, ban, pintu darurat, dongkrak, dan peralatan lainnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas menemukan bus tujuan Jakarta yang menggunakan ban vulkanisasi pada roda belakang. Selain itu, bus tersebut juga kelebihan tempat duduk sehingga harus dilepas satu agar tidak menghalangi pintu darurat.

Petugas juga menemukan bus tujuan Bandung yang lampu belakangnya bermasalah.

Sementara terhadap bus yang surat-suratnya lengkap dan peralatan kendaraannya tidak bermasalah, petugas langsung memasang stiker yang menyatakan bahwa bus tersebut laik jalan untuk angkutan Lebaran.

Saat ditemui wartawan Kepala Terminal Bus Tipe A Bulupitu Purwokerto Hadi Suharto mengatakan bus yang diizinkan berangkat harus memenuhi kriteria dokumen perjalanan maupun teknis kendaraannya.

"Sejak 1 Januari 2017, setiap terminal tipe A yang sudah beralih status di bawah Kemenhub setiap harinya selalu melakukan pengecekan kelaikan kendaraan baik administrasi maupun teknis," katanya.

Menurut dia, pemeriksaan terhadap bus akan diintensifkan menjelang masa angkutan lebaran karena masyarakat membutuhkan angkutan yang aman dan nyaman.

Salah seorang pengurus bus Goodwill tujuan Bandung, Rujito mengakui jika surat-surat kendaraannya lengkap.

"Hanya saja lampu belakangnya nanti akan diganti di garasi," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017